Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Arif Arofah ST MT IPP

S2 Tek. Sipil Transportasi Universitas Trisakti (2022 - 2024) | S1Teknik Sipil BINUS University (2016 - 2020)| Highway and Transport Engineer | IG @arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com

Siapkan 5 Hal Ini Saat Presentasi ke Pihak Eksternal agar Mau Bekerjasama di Acara Kamu!

Diperbarui: 5 Juni 2022   11:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: Freepik/yanalya

Hai Kompasianers! Kamu ingin mengenalkan acara kepada pihak eksternal? Misalnya, kamu presentasi acara kampus ke pihak sponsor untuk mendapatkan bantuan dana. Kamu harus mempersiapkan 5 hal ini.

1. Ketahui Informasi Apapun Tentang Yang Akan Kamu Temui

Sumber Gambar: Freepik/asierromero

Bertujuan agar kamu mempunyai citra  awareness yang baik didepan pihak eksternal, sehingga mereka punya pemikiran "Wah kok dia tahu banget tentang kita ya?". Tidak harus semua, namun kamu perlu mengetahui beberapa point saja, yaitu:

  • Profil : Telusuri tentang kapan berdirinya, latar belakang, serta visi misinya melalui website maupun social media;
  • Produk : Ketahui daftar produk apa saja yang dimiliki oleh brand tersebut. Dan pastikan produk mereka bisa mendukung acara kamu nanti;
  • Riwayat Kerjasama : Reputasi sebuah brand dapat dilihat dari banyaknya kerjasama yang telah dilaksanakan. Sehingga membuat kamu yakin untuk bekerjasama dengan mereka.

2. Kenali Produk Yang Kamu Punya Dari A - Z

Sumber Gambar : Freepik/our-team

Bertujuan agar kamu bisa sial menjawab semua kemungkinan pertanyaan. Karena dipasyikan kalau pihak eksternal akan menanyakan hal teknis/non teknis terkait apa yang kamu presentasikan. Kamu wajib memahami 5 point ini yaitu Profil Organisasi, Latar Belakang Acara, Detail Acara, Riwayat Kerjasama, dan Penawaran Kerjasama. Untuk penjelasan lebih detail, klik link berikut.

3. Kenali Brand Pesaing dan Jangan Menjelekan

Sumber Gambar: Freepik/shurkin_son

Pada setiap bidang industri terdiri dari lebih dari satu brand lho! Hal yang harus kamu ketahui yaitu perbedaan antara brand yang kamu ajukan terhadap pesaingnya. Jangan sekali - kali menjelekan pesaing saat kamu sedang presentasi di depan pihak brand. Selain itu tidak etis, maka nama kamu beserta organisasi akan dicap jelek oleh mereka.

4. Ketahui Semua Potensi Keberatan dan Penolakan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline