Lihat ke Halaman Asli

Muchamad Sibyan

Mahasiswa universitas pamulang semester 7

Penggunaan Model Contektual Teaching Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Diperbarui: 22 Mei 2022   23:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Penelitian tindakan kelas ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam program praktek pengalaman lapangan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk dapat mendalami dan menggali pengetahuan dan keahliannya. 

Sebagai calon guru, dengan menganalisis setiap permasalahan yang timbul dalam suatu proses pembelajaran di kelas dan membuat suatu perencanaan kegiatan yang dapat memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar maupun proses belajar yang lebih bermakna kemudian diaplikasikan atau dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun dan direfleksikan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik paham dan menjadi efektifitas dari tindakan yang dilakukan

Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada kelas yang sama, disesuaikan dengan pembagian tugas mengajar mahasiswa peserta PPL di MTs Darul Shafa

Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII B

Metode penelitian tindakan kelas pada penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana pada setiap siklus kegiatan pembelajaran dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Perencanaan kegiatan pada siklus I didasarkan pada temuan masalah yang terdapat di kelas VIII B MTs Darul Shafa. Pelajaran PPKn pada kelas VIII B ini ada pada jam ke VI yaitu dimulai pukul 11.20 -- 12.00 WIB. 

Pada saat pertama saya memasuki kelas semua siswi sudah berada di kelas, mereka sangat antusias menyambut kedatangan pertama saya. setelah di kelas saya langsung membuka pertemuan dengan perkenalan, setelah perkenalan saya langsung meneruskan  pembelajaran yang sudah di jelaskan oleh guru pamong di hari sebelumnya tapi anak -- anak meminta agar bercerita tentang pengalaman saya sampai jam pulang

Dari sini terlihat bahwa Minat mereka dalam belajar masih sangat rendah dan ini harus dilakukan suatu tindakan agar mereka memiliki minat dalam belajar. Maka dari itu saya memilih suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan tertarik untuk belajar. Model pembelajaran yang saya gunakan adalah model pembelajaran yang diadopsi dari beberapa model, yaitu ceramah, simulasi dan Tanya jawab.

Pertemuan Pertama (Siklus I)

Di pertemuan pertama ini merupakan minggu ke- X (Sepuluh) peneliti memasuki kelas VIII B yang pada minggu sebelumnya peneliti mencatat masalah yang ada pada kelas VIII B sehingga dapat dilakukan tindakan pada minggu ke- X (lima), di minggu ke- X (Sepuluh) ini peneliti mulai melaksanakan PTK pada semester II yaitu mengenai materi Makna Dan Arti Penting Semangat Serta Komitmen Kebangsaan. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di kelas VIII B  dan yang bertindak sebagai peneliti sekaligus pengajar yaitu Muchamad Sibyan, dan yang bertindak sebagai observer Novia Harum.

Perencanaan

Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk pembelajaran dengan model pembelajaran Contektual teaching learning adalah dengan tahapan sebagai berikut :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline