Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Alqi Fahrezi

Full Time Blogger, Financial Freedom seeker before 30, and tech addict

Reskillience Bootcamp Day 5: Karir Melesat dengan Menguasai Microsoft Excel dan People Management

Diperbarui: 10 Februari 2022   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri/Rifqi Meidianto menjelaskan arti leadership

Kita semua tahu bahwa saat ini persaingan di dunia karir sudah semakin ketat. Kita dituntut untuk siap dengan memiliki skills yang mumpuni. Namun, pada realitanya masih banyak orang yang kesulitan dalam memulai tangga karirnya. Untuk itu, Reskillience  yang diinisiasi oleh AIESEC in UIN Jakarta hadir dalam rangka meningkatkan skills agar dapat bersaing di dunia karir yang semakin kompetitif.

Bootcamp yang dilakukan secara virtual ini berjalan selama 3 minggu dan diikuti oleh 70 peserta. Di sini, para peserta mendapatkan pelatihan dari para mentor yang berkualitas berupa soft skills dan hard skills, seperti graphic design, personal branding, time management, dan masih banyak lagi. Namun, dalam Reskillience day-5 ini para peserta mendapat pelatihan berupa people management dan microsoft excel.

Apa Itu People Management?

Siapa di sini yang punya rencana menjadi manager sebuah perusahaan? Atau sekedar team leader organisasi? Tentu hal tersebut bukanlah perkara mudah. Ada beberapa skill yang perlu kamu miliki dan kuasai, seperti kemampuan people management.

Dilansir dari Toolbox, definisi dari people management adalah bagian dari manajemen sumber daya manusia yang merangkum semua proses akuisisi, optimalisasi, dan retensi bakat dalam organisasi. Ini melibatkan pelatihan, pengarahan, dan memotivasi anggota tim untuk memaksimalkan produktivitas tempat kerja dan meningkatkan pertumbuhan profesional secara keseluruhan.

Salah satu soft skills ini perlu dibutuhkan untuk membangun ikatan yang kuat antar orang yang terdapat di dalam suatu organisasi maupun perusahaan. Namun, bagaimana cara melakukan people management yang baik?

Kunci Sukses dalam Melakukan People Management

  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik merupakan faktor penting dalam melakukan people management. Namun setiap orang memiliki style tersendiri yang membedakan dirinya dengan orang lain. Untuk itu, kita perlu mengetahui style leadership manakah yang cocok dengan diri kita.
  • Berdasarkan apa yang dipelajari dari sesi kali ini, terdapat dua markers atau style leadership. Pertama, yaitu powerful yang dicirikan dengan confidence, competence, charisma, dan influence. Kedua, yaitu attractiveness yang dicirikan dengan agreeableness, approachability, dan likability.

Ada 4 hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skill leadership yang kamu miliki, yaitu:

  • Know yourself
  • Experiment with various markers
  • Read the room

Selanjutnya ialah Microsoft Excel. Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi yang memberikan akses kemudahan dalam mengelola angka. Sehingga, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk para pemula sampai yang expert sekalipun.

Pengertian Microsoft Excel

Tentu banyak dari kalian yang sudah mengetahui aplikasi ini. Microsoft excel merupakan program aplikasi perangkat lunak lembar kerja yang menjadi bagian dari Microsoft Office. Aplikasi ini biasa digunakan sebagai alat visualisasi dan analisis data yang kuat.

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline