Lihat ke Halaman Asli

Mila Rosita

Mahasiswa Universitas Jember

Rintisan Usaha Frozen Food Menjanjikan di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 10 September 2021   16:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Terjadinya pandemi Covid-19 memberi dampak pada setiap hal dalam kehidupan manusia diantaranya yaitu kesehatan, ekonomi, dan Sosial. Selama masa pandemi Covid-19 terdapat beragam kebijakan pembatasan sosial dan karantina wilayah sehingga berpotensi membatasi masyarakat dalam melaksanakan aktivitas ekonomi. Pembatasan aktivitas ekonomi berdampak pada terhambatnya sirkulasi barang dan jasa. Beberapa wilayah khususnya di Pulau Jawa menjadi pusat penyebaran COVID-19. Salah satu daerah di Pulau Jawa yang terdampak pandemi Covid-19 adala daerah Banyuwangi. Berdasarkan pantauan Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, kasus Covid-19 per 7 September 2021 mencapai 13326 kasus. Perekonomian di daerah terdampak salah satunya akibat  menurunnya daya beli masyarakat terhadap produk yang ada di pasar. Adanya permasalahan tersebut diperlukan  rintisan usaha yang penjualannya tetap baik di masa pandemi Covid-19 sehingga berpotensi dalam menyokong perekonomian masyarakat, oleh karena itu pada KKN Back To Village 3 Universitas Jember salah satu mahasiswa yaitu Mila Rosita membuat program kerja tentang rintisan usaha frozen food dengan target sasaran seorang reseller produk kebutuhan rumah tangga yang usahanya terdampak Covid-19. Program ini bertujuan untuk menciptakan rintisan usaha yang dapat menyokong perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19. Berikut adalah tahapan perancangan rintisan usaha bersama sasaran.

Beberapa pelatihan dilakukan oleh Mila Rosita kepada target sasaran pada program kerja KKN ini, diantaranya yaitu pelatihan pembuatan produk frozen food (Vegetarian Nugget) , pelatihan pengemasan dan penyimpanan produk, pelatihan pembuatan video dan foto untuk iklan produk dan pelatihan pemasaran produk secara online. Pelatihan pembuatan produk Vegetarian Nugget dilakukan secara langsung diawali dengan demonstrasi penyiapan bahan dan alat , pemilihan bahan produksi dan proses pembuatan produk hingga produk siap dikemas sampai produk disajikan. Berdasarkan pelatihan tersebut dapat diketahui bahwa target sasaran dapat memahami dan mengikuti dengan baik arahan langkah pembuatan produk, hal ini karena target sasaran sudah memiliki kemampuan dalam bidang tata boga.

dokpri

Pelatihan yang dilakukan selanjutnya adalah pengemasan dan penyimpanan produk Vegeratian Nugget. Pelatihan pengemasan meliputi demonstrasi penataan alas kemasan dan penataan produk di dalam kemasan agar terlihat rapi dan menarik konsumen, selanjutnya pelatihan penyimpanan produk berupa demonstrasi cara penyimpanan produk di dalam freezer agar produk tahan lama. Berdasarkan kegiatan pelatihan tersebut dapat diketahui bahwa target sasaran dapat memahami cara-cara pengemasan produk.

dokpri

Pelatihan yang dilakukan oleh Mila Rosita kepada target sasaran selanjutnya merupakan demonstrasi tentang bagaimana pengambilan foto dan video yang baik agar saat diiklankan produk terlihat lebih menarik, pada tahapan pelatihan ini target sasaran memahami dengan baik demonstrasi yang diberikan oleh mahasiswa KKN, hal ini dibuktikan dengan hasil foto dan video untuk iklan yang diambil oleh target sasaran sangat menarik karena dimabil dari sudut pandang yang tepat. Pelatihan yang selanjutnya dilakukan yaitu pemasaran produk secara online. Pelatihan tentang metode promosi dan pemasaran produk secara online melalui media sosial yaitu melalui Whatsapp dan Instagram. Pelatihan pemasaran produk secara online ditujukan agar target sasaran dapat menjangkau pasar yang lebih luas meskipun di masa pandemi. Pelatihan pemasaran produk secara online malaui media sosial dilakukan dengan sistem pre-order sistem slot, hal ini ditujukan agar jumlah produksi dapat terencan dengan baik dan juga sistem slot yang terbatas dapat memengaruhi konsumen untuk cepat memesan agar mendapat bagian slot pemesanan.

dokpri

Penjualan produk frozen food yaitu Vegetarian nugget dapat menyokong perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19, hal ini terlihat dari hasil penjualan secara online pada penjualan pertama yang mencapai 150 buah atau 10 kotak. Pencapaian penjualan tersebut menunjukkan bahwa produk Vegetarian Nugget diminati oleh masyarakat sebagai konsumen sehingga berpotensi sebagai usaha yang dapat menyokong perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19. Berikut adalah penjualan pertama dari produk Vegetarian Nugget.

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline