Lihat ke Halaman Asli

Mia Zulfa Safitri

STIKes Mitra Keluarga

Do Self-Care! You Need It!

Diperbarui: 10 Mei 2022   21:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak dari kita memiliki begitu banyak kegiatan dan tanggung jawab dalam hidup sehingga sering kali kita lupa tentang kebutuhan diri kita sendiri. Hasilnya kita menjadi stres. Apalagi selama masa pandemi COVID-19 ini.

woman-expressing-strong-various-feelings-emotions-74855-5593-627a73e7d7e3733df869ea52.jpg


Dalam dosis kecil, stres tidak selalu merugikan kesehatan fisik dan mental kita.  Kita semua membutuhkan sedikit stres dalam hidup kita agar termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan kita. Tapi, kita perlu waspada. Jika tidak segera ditangani, stres ringan akan menumpuk dan berubah menjadi stres berat/kronis yang tentu akan mengganggu aktivitas bahkan kesehatan kita.

Nah, salah satu manajemen stres adalah dengan melakukan Self Care.

Yuk, kita bahas tentang Self Care!

APA ITU SELF-CARE 

flat-people-group-asking-questions-23-2148927481-627a72d1bb4486425a07aa43.jpg


Perawatan diri (Self Care) diartikan dengan istilah itu sendiri -- merawat diri sendiri.  Perawatan diri mencakup segala sesuatu yang bisa di untuk menjaga diri Anda tetap sehat -- secara fisik, mental, dan spiritual.

Perawatan diri telah didefinisikan sebagai "proses multidimensi, multifaset dari keterlibatan yang bertujuan dalam strategi yang mempromosikan fungsi yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan (Dorociak et al., 2017)

Perawatan diri sangat penting untuk membangun ketahanan terhadap stres dalam hidup yang tidak dapat Anda hilangkan.  Ketika kita telah mengambil langkah-langkah untuk merawat pikiran dan tubuh kita, kita akan lebih siap untuk menjalani kehidupan.

SELF-CARE ISN'T SELFISH !

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline