Lihat ke Halaman Asli

Meutia Rahayu

Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik UPI 2021: Kesulitan Siswa Selama Pembelajaran Daring dan Cara Mengatasinya

Diperbarui: 28 Juli 2021   18:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

KKN Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19 (KKN Tematik MDBPE-MBKM) adalah tema dari Kuliah Kerja Nyata yang diselenggarakan Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2021. KKN ini dilaksanakan secara online atau daring. Bidang yang diangkat pada tema KKN tahun ini merupakan bidang yang sangat terdampak pada masa pandemi covid-19 yaitu bidang ekonomi dan bidang pendidikan.

Seperti yang kita ketahui bidang pendidikan menjadi salah satu bidang yang terdampak pada masa pandemi covid-19. Semua kegiatan sekolah yang bersifat tatap muka berubah menjadi daring atau online. 

Siswa melaksanakan kegiatan sekolah melalui media elektronik atau secara daring. Cara ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan dan juga memutus rantai penularan covid-19. Sudah kurang lebih satu setengah tahun kita melaksanakan kegiatan sekolah secara daring. Namun, masih saja ditemukan kesulitan-kesulitan yang dihadapi.

Kesulitan pembelajaran daring berdampak pada guru, orang tua terutama siswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika kegiatan tatap muka saja banyak materi atau informasi yang sulit siswa pahami, apalagi dalam keadaan daring seperti saat ini. 

Dalam pembelajaran daring siswa sulit fokus saat kegiatan belajar mengajar, dikarenakan beberapa faktor yaitu gadget atau mengantuk. Faktor tersebut dapat terjadi karena tidak adanya pantauan guru seperti saat sekolah tatap muka atau kurang kesiapan dari siswa.

Begitu pula dengan kegiatan pembelajaran daring yang dirasa monoton, hanya melihat layar handphone atau laptop membuat siswa menjadi merasa jenuh. Maka dari itu, ada beberapa cara untuk mengatasi kejenuhan saat belajar sistem daring yaitu : 

1) Mengatur waktu sebaik mungkin. Membuat schedule board adalah salah satu cara untuk mengatur waktu, dengan begitu semua kegiatan dapat terorganisasi dengan baik. 

2) Melakukan gaya belajar yang disukai. Siswa harus mengetahui dan menerapkan gaya belajar yang disukai, dengan begitu proses pembelajaran terasa lebih menyenangkan.

3) Tidak perlu memikirkan sulitnya sistem daring, dan 

4) Menyediakan waktu untuk menghibur diri. Walaupun saat ini keadaan mengharuskan untuk tetap diam diri di rumah bukan berarti tidak ada hal yang menyenangkan untuk dilakukan, contohnya seperti membaca komik, menonton film, atau mendengarkan lagu. Kegiatan pembelajaran daring yang monoton akan terasa lebih menyenangkan jika dapat diatasi. Walaupun diharapkan kegiatan daring ini tidak berlangsung lama namun, tetap harus dimaksimalkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline