Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Menciptakan Strategi Pemasaran pada Zaman Teknologi Maju?

Diperbarui: 26 Mei 2022   09:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Pemasaran merupakan ujung tombak perusahaan. Dalam dunia persaingan yang semakin ketat, perusahaan dituntut agar tetap bertahan hidup dan berkembang. Berikut ini beberapa pengertian mengenai pemasaran.

Menurut William J. Stanton (2007) : pemasaran adalah suatu system total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

Menurut Philip Kotler (2008) : pemasaran dalah proses sosial dan manjerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. 

Menurut Basu Swastha DH (2005), pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan, usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang, jasa, ide kepada pasar sasaran agar dapat mencapai tujuan organisasi, sedangkan menjual adalah ilmu dan seni memengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lainagar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Strategi pemasaran adalah suatu rencana yang paling penting untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Menurut Kenneth R. Andrews menyatakan bahwa strategi perusahaan adalah pola keputusan dalam perusahaan yang menentukan dan mengungkapkan sasaran, maksud atau tujuan yang menghasilkan kebijaksanaan utama untuk merencanakan pencapaian tujuan serta merinci jangkauan bisnis yang akan dikejar oleh perusahaan. Suatu perusahaan harus merancang strategi pemasaran dengan sangat matang agar tercapai tujuan perusahaan dan mengurangi hal yang tidak diinginkan terjadi.

Pembahasan

Tujuan Pemasaran

         Tujuan pemasaran yaitu mengadakan keseimbangan antar negara/daerah saling mengisi mengadakan perdagangan antara daerah surplus dengan negara/daerah minus.

Konsep Pemasaran

1. Konsep Produksi : konsep ini terjadi ketika permintaan lebih banyak daripada penawaran. Para manajer perusahaan memusatkan upaya untuk pencapaian efisiensi yang tinggi dan distribusi yang luas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline