Lihat ke Halaman Asli

Masykur Mahmud

TERVERIFIKASI

A runner, an avid reader and a writer.

Mau Dapat IELTS Speaking Band 7.5+? Simak Tips Berikut ini

Diperbarui: 20 Oktober 2022   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Let's study English. www.freepik.com

Hi sobat IELTS,

Sekarang ini lagi musim beasiswa dan pastinya banyak yang lagi persiapan IELTS atau sedang melamar ke kampus impian untuk mendapatkan LOA (Letter of Acceptance).

Nah, di pembahasan kali ini kamu bakal belajar tentang trik sederhana untuk bisa mendapatkan nilai IELTS 7.5 pada bagian Speaking. Mau tahu caranya?

Sebelum kita masuk ke tipsnya, perlu diketahui bahwa skor nilai IELTS itu berkisar 1-9. Untuk rata-rata beasiswa mensyaratkan skor minimal band 6.5. Jadi, kalau mau dapat 7.5+ artinya kamu sudah harus masuk katagori good user atau setara level C1 pada penilaian CEFR (Common European Framework)Perhatikan tabel dibawah ini:

CEFR. www.collegedunia.com

Sekarang, yuk pahami beberapa aspek penilaian pada bagian IELTS Speaking. Dengan memahami katagori penilaian, maka kamu bakalan tahu cara menilai dan menganalisa kelemahanmu di bagian speaking.

Let's check this out!

Ada empat kriteria penilaian Speaking di IELTS.

  1. Fluency & Coherence (FC)

  2. Lexical Resource (LR)

  3. Grammatical range and accuracy (GRA)

  4. Pronunciation (P)

Untuk bagian fluency & Coherence, kamu harus berbicara dengan lancar dan tentunya jawaban yang kamu berikan harus relevan dengan pertanyaan yang diajukan. Agar nilaimu baik, hindari terlalu sering berhenti sejenak (pauses) ketika memberi jawaban.

Kamu juga perlu memperhatikan logical development of your idea, maksudnya adalah jawaban yang kamu berikan harus terhubung dengan baik. Caranya yaitu dengan menggunakan pengubung (coordinator) pada setiap kalimat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline