Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Indra

TERVERIFIKASI

Swasta

MotoGP Ceko: Binder Samai Rekor Rossi, Zarco Ngotot dan Rins yang Luar Biasa

Diperbarui: 10 Agustus 2020   22:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Brad Bnder persembahkan kemenangan pertama bagi KTM I Foto Motogp.com

Semua perhatian tertuju pada Brad Binder, pendatang baru yang mampu mengasapi para seniornya di GP Ceko hari Minggu (9/8) lalu.

Quartararo dan Vinales Jadi Pesakitan

Pemenang 2 seri awal dan pemimpin klasemen sementara, Fabio Quanrtaro nampak keteteran saat balap berlangsung. Begitu pula dengan runner up klasemen, Maverick Vinales. Banyak pihak menilai bahwa pemilihan ban menjadi biang keladi melempennya penampilan mereka. Namun Vinales sendiri tidak bisa menyimpulkan penyebab memblenya performanya.

"Saya merasa sangat baik dalam pemanasan pagi ini dan dapat mengatur waktu dengan cepat bahkan pada ban yang sudah digunakan, tetapi segera setelah kami memulai balapan, terjadi masalah pada ban belakang yang menjadikannya tidak aman," paparnya sebagaimana dilansir The Race.com.

Mengenai penampilan 2 rekannya itu, Rossi tak sepenuhnya sependapat bahwa ban yang jadi kendala utama. Settingan motor dan gaya balap tentu juga  memiliki porsi dalam baik atau buruknya penampilan seseorang. Penampilan Yamaha di seri ini tertolong oleh rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli yang finish di urutan ke dua dan Rossi yang berada di urutan ke enam.

Binder Samai Rekor Rossi dan Marquez

Hanya membutuhkan 3 seri, Binder yang lulusan Moto2 itu akhirnya mampu menaklukkan sirkuit klasik Brno di atas tunggangan barunya. Namun sebagaimana yang disampaikan Rossi di atas, hasil balapan tidak hanya ditentukan oleh 1 atau 2 faktor. Dan konsistensi Binder masih akan diuji oleh 10 sirkuit yang menghadang selama sisa musim ini.

Namun yang pasti, prestasi Binder yang mampu menang di tahun pertamanya patut diacungi dua jempol. 

Dia mampu menyusul rekor Rossi yang menang di GP Inggris pada debutnya di GP 500cc pada tahun 2000. Dan juga Marc Marquez yang memetik kemenangan pertamanya di GP Amerika Serikat pada debutnya di 2013. 

Marquez sendiri masih absen hingga kini. Pebalap Repsol Honda Team itu batal mengikuti seri Brno akibat lengannya yang kembali bermasalah. Posisinya digantikan oleh pebalap penguji Honda, Stefan Bradl. Sang adik, Alex, mengkonfirmasi bahwa lengan kakak Marc kembali bermasalah saat melakukan aktivitas di luar balap. Yakni membuka jendela saat ingin keluar jalan-jalan. Hadeh..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline