Lihat ke Halaman Asli

Brand Positioning: Jurus Jitu yang Harus Dipahami Pengusaha

Diperbarui: 3 Juli 2022   09:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Saat membangun sebuah usaha, bukan hanya persoalan modal dan tempat usaha saja yang menjadi prioritas, terkadang mayoritas orang melupakan satu hal kecil yaitu brand positioning. Mungkin bagi sebagian orang istilah yang satu ini terdengar asing. Namun, siapa sangka kalau istilah strategi marketing yang satu ini banyak digunakan oleh para pelaku usaha di berbagai situasi dan kondisi.
 
Menurut Kotler dan Keller, brand adalah nama, istilah, tanda, lambang, design atau kombinasinya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari satu penjual atau banyak dan untuk memberitahu diferensiasi dari pesaing.

Menurut Tjiptono dan Chandra, positioning memiliki makna sebagai tindakan untuk merancang penawaran dan citra perusahaan untuk meraih tempat khusus dan unik dalam benak konsumen sehingga dipersepsikan lebih unggul dibandingkan pesaing. Menurut Kotler dan Keller, positioning adalah kegiatan merancang citra perusahaan dan apa yang ditawarkannya untuk ditanamkan dalam benak konsumen atau target pasar.

Jadi dapat disimpulkan brand positioning adalah sebuah cara atau strategi yang digunakan perusahaan untuk membangun citra atau image sebuah produk di benak pelanggan untuk memaksimalkan keuntungan yang potensial bagi perusahaan.

Berikut adalah jurus jitu brand positioning yang perlu pengusaha pahami :

1.Differentiate

Merupakan bentuk aktivitas yang dilakukan dalam bisnis ketika mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli tertentu. Untuk melakukannya, pengusaha perlu membuat produk yang berbeda-beda sesuai dengan masing-masing segmen pasar yang ada. Dengan begitu, jumlah penjualan barang dan jasa bisa lebih meningkat serta bisa mendapat posisi yang kuat di setiap segmen pasar.

Dengan menggunakan differentiate menunjukan bahwa bisnis anda mempunyai unique selling point tertentu dan mampu menarik perhatian audien. Pada dasarnya differentiate menciptakan tentang who you are dan who you serve yang artinya bisnis atau usaha apa yang menawarkan jasa atau produk apa.

2.Reasonable Pcicing Strategy

Dalam berbisnis, strategi penentuan harga merupakan hal yang sangat penting. Strategi penetapan harga atau pricing strategy berkaitan erat dengan pemasaran dan berimbas langsung pada hasil penjualan. Saat harga produk anda tinggi karena pertimbangan kualitas dan eksklusivitas, maka harga tersebut akan lebih terasa wajar di mata customer.

3.Magnifying Message

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline