Lihat ke Halaman Asli

Mario Baskoro

Punya Hobi Berpikir

Suguhan Revolusi Pers ala Film "The Post"

Diperbarui: 6 Maret 2018   02:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Variety

Film The Post menjadi karya visual kolosal yang berhasil mengungkapkan sisi lain dari realitas kebohongan yang pernah terjadi di dunia. Film ini menyuguhkan sense of urgent ditengah jaman yang begitu masif akan tsunami berita palsu selama setengah dekade terakhir. 

Mengapa ? Karena The Post memberikan pelajaran utama : pembohongan besar adalah salah satu sumber perusak rezim demokrasi. Hanya saja, kiat tersebut dibuktikan dengan cara yang berbeda, bahwa pembohongan yang dimaksud tidak selalu berbentuk gejala kecenderungan masyarakat sipil (misalnya produksi hoaks), tetapi pemerintah pun juga bisa menjadi tangan pertama darimana pembohongan itu datang (misalnya --dalam film ini-- dengan cara menyembunyikan kebenaran sejarah).   

Cerita berawal dari Daniel (Matthew Rhys) dan Mc. Namara (Bruce Greenwood) menemukan fakta tentang kesombongan Amerika yang rela mengirim para tentaranya untuk berhadapan dengan Vietnam, meskipun mereka tahu bahwa itu adalah hal yang sungguh sia-sia dan tidak akan sedikitpun akan membawa negara adidaya itu pada kemenangan. 

Kesetiaan Mc. Namara pada pemerintah, mendorong dirinya untuk menyembunyikan makalah buatannya yang mengungkapkan kebenaran tentang kekalahan Amerika melawan Vietnam. Namun tidak dengan Dan. Kisah yang baru dimulai, kala Dan memutuskan untuk mencetak ulang dokumen sebanyak 4000 halaman tersebut dan menghilangkan status kerahasiannya dengan menggunting sebagian badan kertas yang bertuliskan : classified (rahasia). 

Setelah itu, alur langsung melompat ke masalah internal sebuah perusahaan surat kabar Washington Post yang ingin mendaratkan sahamnya di bursa efek agar eksistensinya tetap melaju, ditengah kondisinya yang hampir mengalami kekosongan otoritas setelah pemiliknya meninggal. Cerita langsung terporos pada konflik kecil antara Kay Graham (Meryl Streep) --selaku  Istri dari sang pemilik yang merupakan tokoh utama dalam film ini-- dengan Ben Bradlee (Tom Hanks), editor eksekutifnya yang setia. 

Ambisi Ben yang begitu besar untuk membawa nama Washington Post dari posisinya yang hanya koran lokal menjadi koran nasional, tidak hanya bercampur aduk dengan tarik ulur penjualan saham tersebut, tetapi juga dengan ketegangan upaya perusahaan tersebut merebut akses peliputan putri Presiden Richard Nixon. 

Selanjutnya, alur semakin kian kompleks ketika --salah satu perusahaan media saingan terbesarnya-- New York Times hadir dengan headline beritanya yang berhasil mengejutkan banyak pihak. Beberapa bagian dari konten asli dokumen kekalahan Amerika terhadap Vietnam milik Mc. Namara terpampang jelas di halaman depan koran mereka. 

Selaras dengan ambisi Ben, ia pun melihat itu sebagai tanda bahwa sesuatu yang menjadi rahasia besar negara telah bocor. Siasat untuk memburu bagian-bagian lain dari berkas yang dinamakan sebagai dokumen Pentagon itu pun dimulai. Akhirnya hal itu membawa Washington Post kedalam pertemuan dengan Dan, saksi berharga atas kebenaran konten dokumen tersebut sekaligus pihak yang memperbanyaknya. 

Misi sempat terhenti, kala beberapa waktu pasca penerbitan berita tadi berdampak pada terseretnya New York Times ke meja hijau. Akibatnya, Washington Post ikut jatuh kedalam posisi terancam. Terlebih lagi, Dan adalah narasumber yang sama dengan narasumber pemberitaan New York Times

Seketika, Washington Post dihadapkan dengan sebuah dilema etis : apakah membatalkan pempublikasian konten dokumen tersebut demi tetap menjaga hubungan baik dengan Pemerintah atau ikut melanggar UU Spionase dan tetap membuat berita seperti yang direncanakan ? Apakah Washington Post ingin menjauhkan Kay Graham dan para pekerjanya dari jeratan penjara atau tetap berada di jalan kebebasan pers dengan konsekuensi bahwa mereka akan dianggap menganggu stabilitas negara ?

Berdasarkan sinopsis tersebut, nampaknya film karya Steven Spielberg sukses menggabungkan beberapa dimensi dari kompleksitas kehidupan sebuah media : persaingan didalam pasar, bagaimana mereka berkerja, dan posisinya ketika berhadapan dengan pemerintah. Hampir mirip seperti Spotlight (2015), film ini membuka mata awam akan hal-hal tak terduga didalam bagaimana jurnlisme berkerja. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline