Lihat ke Halaman Asli

Suharyanto Mallawa

Pustakawan Perpusnas

Pusbiola Capaian Inovator Pelayanan Publik

Diperbarui: 28 Desember 2022   07:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto: Menpan RB

Tulisan ini hanya sekedar catatan perjalanan saya sepanjang tahun 2022 sebagai Kepala Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan. Langkah dan jejak dilakukan Bersama-sama oleh Tim Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan atau kami menyebutnya Pusbiola. Saya sebagai Ketua Tim di Pusbiola terus belajar membangun kebersamaan diantara anggota atau keluarga Besar Pusbiola. Sudah barang tentu dalam pelaksanaannya masih banyak kekurang-kekurangannya. Tagline Pusbiola adalah Kreativitas Tanpa Batas Inovasi Tiada Henti.

Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan sepanjang tahun 2022 telah melakukan beberapa capaian. Mulai dari penerapan ISO 9001: 2015 Standar Manajemen Mutu untuk Layanan ISBN, KIPP Sinovik dalam katagori 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Menpan RB, Bibliografi Nasional Indonesia terverifikasi oleh IFLA, Registrasi ISBN masuk dalam 6 Besar negara di dunia oleh WIPO, Terbitanya buku Peta Sebaran Penerbit dan Terbitaan di Indoneisa 2022, Capaian Kinerja Pusbiola sebesar 99,76 %, Penghargaan Penyelenggaran Pelayanan Publik dengan Opini Baik dari Ombudsman, dan terakhir mendapat penghargaan Inovator Pelayanan Publik dari Menpan RB.

Dokpri

Pusbiola dalam tahun 2022 mempunyai tagline Kreativitas Tanpa Batas, Inovasi Tiada Henti. Tagline ini diwujudkan dan diimplementasikan oleh seluruh Tim di Pusbiola. Tagline ini bukan hanya sekedar kata-kata saja melainkan telah dikerjakan dengan bukti yang nyata dalam karya.

Capaian di akhir tahun 2022 yang diraih adalah sertifikat Menpan RB Nomor B/1240/PP.00.05/2022 diberikan kepada Suharyanto, S.Sos. M.Hum. Sebagai Inovator Perpustakaan Nasional Atas Keberhasilannya dalam memperoleh Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2022 SiGoblik (Sistem ISBN Go Publik) Menghadang Pandemi Pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022. Jakarta 21 Desember 2022. Deputi Bidang Pelayanan Publik ttd Profesor.DR. Diah Natalisa MBA

Penghargaan dan capaian di tahun 2022 ini merupakan Anugrah dari Allah SWT sekaligus juga momen untuk instropeksi diri apa yang telah dilakukan ini masih banyak kekurangannya yang harus diperbaiki. Terus memegang 5B: Berdoa, Bekerja, Belajar, Berkarya, dan Berbagi.

Di luar capaian kinerja ada juga capaian lain yang menggembirakan di Pusbiola yaitu terplihnya Bu Mariana Ginting Pustakawan Ahli Utama sebagai Deputi Bidang Pengmbangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Terpilihnya Agus Sutoyo Pustakawan Ahli Madya sebagai Kepala Pusat Jasa, informasi dan pengelolaan naskah Nusantara,  dan Juga Terplihnya Bu Leksi Hendrifa Pustakawan Ahli Muda Sebagai Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

Dokpri

Selama pelaksanaan tugas di 2022 saya juga mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II di Lembaga Administrasi Negara dari bulan Juli sampai dengan November 2022 lulus dengan predikat sangat memuaskan masuk dalam 11 besar tepatnya diurutan ke-9.

Terima kasih kepada, Bapak Muhammad Syarif Bando selaku Kepala Perpusnas, Ibu Ofy Sofiana selaku Sekretaris Utama, Bu Mariana Ginting Deputi I, Bapak Adin Bondar Deputi II dan juga Ketua RB Perpusnas. Dan pasti yang Terima kasih untuk Tim Pusbiola yang telah banyak membantu. Dan yang paling utama terima kasih buat Ibu saya, Istri, dan juga anak-anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline