Lihat ke Halaman Asli

Mahir Martin

TERVERIFIKASI

Guru, Aktivis dan Pemerhati Pendidikan

Persatuan adalah Saling Memahami dalam Perbedaan

Diperbarui: 28 Oktober 2020   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari Sumpah Pemuda (dokumen pribadi)

"Setiap orang berbeda, jangan hakimi seseorang, tetapi pahamilah" Itu komentar salah satu siswa ketika saya tanya apa refleksi dirinya mempelajari materi "Laju Reaksi" minggu lalu.

Siswa ini menjelaskan bahwa segala fenomena di dunia ini selalu berbeda, tidak akan pernah sama. Perubahan kuantitas yang terjadi pada selang waktu tertentu tidak pernah sama pada satu peristiwa ke peristiwa yang lain. Oleh karenanya, tidak akan pernah ada laju reaksi yang benar-benar sama.

Perbedaan dalam Laju Reaksi

Dalam reaksi kimia, selalu ada reaksi yang berjalan cepat, dan ada yang lambat. Ada yang perubahannya terlihat, ada yang tidak. Ada yang efeknya langsung terasa, ada yang memerlukan waktu lebih lama untuk bisa dirasakan. Intinya terdapat banyak perbedaan, dan rasanya tidak mungkin ada yang sama.

Oleh karenanya, yang perlu kita lakukan adalah memperhatikan laju sebuah reaksi, atau mempelajari seberapa cepat peristiwa/perubahan terjadi. Dengan mempelajarinya, kita akan memahami perbedaannya. 

Jika kita sudah memahami perbedaannya, maka kita akan mudah untuk mengelola perbedaan tersebut sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Misalnya, kita mengetahui reaksi pembakaran gas yang digunakan untuk kompor berjalan sangat cepat, sehingga bisa digunakan untuk memasak. Bayangkan jika reaksi pembakaran berjalan lambat, berapa lama waktu yang kita perlukan untuk memasak?

Contoh lain, kita menggunakan besi untuk membuat pagar. Besi bisa mengalami reaksi pengkaratan. Untungnya reaksi pengkaratan berlangsung lambat. Bayangkan jika reaksi pengkaratan berlangsung cepat, mungkin sebulan sekali kita harus mengganti pagar rumah.

Bahkan, manusia dengan nalarnya mampu lebih memperlambat reaksi pengkaratan. Kita melakukan pengecatan pada pagar besi depan rumah kita bukan? Tujuannya, untuk memperlambat reaksi pengkaratan, selain juga untuk tujuan estetika. 

Dari sini kita pahami, reaksi cepat dan lambat keduanya memiliki manfaat jika penggunaannya benar. Tidak melulu kita perlu mempercepat reaksi, terkadang kita perlu memperlambatnya. Tidak melulu reaksi yang cepat yang berguna, terkadang reaksi yang lambat juga bisa dimanfaatkan.

Dari pemahaman itulah, siswa saya itu mengatakan bahwa perbedaan itu jangan dihakimi, justru seharusnya dipahami. 

Perbedaan dalam Sumpah Pemuda

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline