Barangkali, bukan sekedar hanya mengharumkan nama baik warga Ajibarang ,namun bagi warga kabupaten Banyumas sekitarnya, karena prestasinya telah nyata diperhitungkan di tingkat Provinsi Jawa Tengah ,meskipun baru meraih juara ke 3 Lomba Olimpiade Siswa Farmasi Indonesia se Jawa,baru baru ini.
Dengan fakta ini membuktikan torehan prestasi SMK Manuda ini adalah hasil kerja keras yang nyata sentuhan seluruh civitas akademika sekolah dari para pendidik , manajemen kepemimpinan sekolah serta manajemen pengelola pendidikan yang menaunginya. Meskipun lokasinya di kecamatan Ajibarang namun levelnya provinsi ,kiprah dan prestasinya sering mewakili kejuaraan dari kabupaten Banyumas.
Secara historis untuk memenuhi kebutuhan pendidikan kesehatan,YPP Ma'arif NU Ajibarang pada tahun 2010 lalu telah membidani sebuah sekolah SMK Kesehatan ini. Dengan SK pendirian No. 024 / 2362 /2010.
Sekolah ini telah mendapat predikat akreditasi "A " . Sehingga barangkali menjadi keberkahan bagi masyarakat Banyumas.Lebih khusus bagi warga kecamatan Ajibarang.
Atau bahkan segenap warga Nahdliyin sekitarnya yang telah membidani sekolah ini.Meskipun usia sekolah Ma'arif NU 2 Ajibarang yang baru 8 tahun,berkat kerja keras segenap manjemen sekolah,pendidik ,sekolah ini memiliki daya saing yang tinggi.
Kini masyarakatpun ikut bangga, karena daerah ini memiliki SMK kesehatan satu satunya di wilayah kecamatan Ajibarang,dengan berbagai fasilitas yang memadai. Sekolah ini menorehkan banyak prestasinya yang cukup membanggakan, baik akademik dan non akademik, dari tingkat kabupaten serta propinsi.
Kini sekolah ini telah memiliki kemitraan kerjasama dengan berbagai patner DU / DI yang telah terjalin antara lain,Apotik K24, Viva Generik,Pelita Kasih Utama ,Century Health Care,Insan Medika,Rumah Sakit Islam Purwokerto,RSUD Ajibarang dll.
Banyak faktor yang menjadi daya tarik pada sekolah ini yang dibuktikan :
1.Keunggulan aspek keandalan dapat dipercaya Guru / wali kelas, yang menurut orangtua siswa diakui sangat memuaskan ,telah menjadi peringkat pertama dari 62 aspek kepuasan pelanggan orangtua 2017. Keunggulan yang ke dua,ialah sikap bersahabat guru ,walikelas dan karyawan yang dinilai menjadi peringkat ke dua aspek kepuasan pelanggan 2017.
Ketiga ,keunggulan managemen pelayanan BKK menurut orangtua sangat memuaskan dibuktikan orangtua memilihnya menjadi peringkat ke tiga besar aspek kepuasan pelanggan 2017.Bidang ini dinilai orangtua telah membantu penempatan kerja, para alumninya dengan baik.
Ke empat, keunggulan lainnya berupa kepedulian walikelas,Guru,BK,karyawan yang telah dinilai memuaskan oleh orangtua,sehingga hal ini menjadi peringkat ke lima kepuasan pelanggan 2017.