Lihat ke Halaman Asli

M Abd Rahim

Guru/Dai

Mengawal, Kinerja Rohis Sebagai Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Diperbarui: 28 November 2022   09:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: itsarinfo.blogspot.com

Pada Tahun Pelajaran 2022/2023, sekolah mempunyai rencana program-program baru. Tentunya program yang lama yang baik dipertahankan dan dilanjutkan, serta merencanakan program baru yang lebih baik, mencoba untuk dikonsumsi dan dipelajari (al-Mukhafadhatu 'Ala Qodimis Sholeh wal 'Akdzu Bil Jadidil 'Aslah). .

Sebelum Rohis itu bekerja melaksanakan program-programnya, maka mereka perlu dikawal (rapat, kegiatan LDKS, dan dimantapkan dengan materi pendalaman seperti adanya outbond SKI/diklat Rohani Islam). Tentunya didalam organisasi ada perencanaan, pelaksaanaan dan evaluasi, sebelum lebih jauh mari kita pahami tentang Rohis.

Pengertian Rohis

Rohis adalah Rohani Islam (Rohis) sebagai sub organisasi dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang biasa disebut dengan Sie Kerohanian Islam (SKI). Rohis atau SKI ini, kegiatannya mendukung intra kurikuler keagamaan, dengan memberikan pendidikan, pembinaan dan pengembangan potensi peserta didik muslim agar menjadi insan yang beriman, bertaqwa kepada Allah Swt. serta berakhlak mulia dengan mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain Rohis sebagai wadah untuk memperdalam ilmu agama islam, serta wadah untuk pengembangan minat dan bakat, khususnya di bidang Kesenian Islam.

Fungsi Kegiatan Rohis

Pengembangan diri (taghyir an-nafs), yakni memotivasi peserta didik untuk mengembangkan potensi di bidang keagamaan yang dapat berkompetisi meningkatkan prestasi baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Pembinaan syakhshiyah Islamiyah (pribadi-pribadi yang Islami), yakni membina peserta didik muslim agar menjadi pribadi-pribadi unggul, baik dalam kapasitas keimanan, keilmuan dan pengamalannya.

Pembentukan jam'iyyah al-muslimin (komunitas muslim), yakni Rohis mempunyai fungsi sebagai wadah bagi peserta didik muslim untuk menjadi komunitas yang Islami dan menjadikan masjid/ musholla sebagai laboratorium kegiatan keagamaan di sekolah.

Organisasi Rohis

Organisasi Rohis: Tangkap Layar Materi Workshop Pemberdayaan Pembina Rohis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline