Lihat ke Halaman Asli

Lutfia Nadhif

Universitas Sebelas Maret

Refleksi Topik 2: Konsep Dasar Perspektif Sosio Kultural dalam Pendidikan

Diperbarui: 17 Januari 2023   09:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran terpenting yang saya dapatkan mengenai topik bahasan pengantar perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam pendidikan Indonesia adalah saya dapat memahami pentingnya factor sosial, budaya, ekonomi dan politik yang berpengaruh pada pendidikan di Indonesia. Kenyataan bahwa Indonesia mempunyai keanekaragaman, tidak bisa dipungkiri. 

Sehingga, harapannya dengan keanekaragaman yang dimiliki oleh Indonesia, kita dapat menyatukan perbedaan menjadi sesuatu yang indah. Maka dari itu, penting bagi pendidik untuk menerapkan pendidikan sosiokultural dalam pendidikan di Indonesia supaya peserta didik dapat mengembangkan nilai toleransi, menghargai dan gotong royong dengan tidak memandang perbedaan suku, bangsa, ekonomi dan agama. Pendidikan multikulturalisme diperlukan dalam bentuk tata kehidupan masyarakat yang damai dan harmonis meskipun terdiri dari beraneka ragam latar belakang kebudayan.

Pandangan saya sebagai calon guru tentang perspektif/ teori sosiokultural ini adalah menurut saya sebagai calon guru bimbingan dan konseling, kita sangat perlu memahami perspektif teori sosiokultural dan bagaimana pengaruhnya terhadap pendidikan. Kita sebagai guru bimbingan dan konseling harus memahami karakteristik peserta didik melalui factor sosial, budaya, ekonomi dan politik supaya dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling secara tepat sesuai dengan kondisi peserta didik. 

Cara saya menerapkan ilmu yang saya dapatkan melalui bahasan mengenai perspektif sosiokultural dalam profesi saya adalah dengan memahami kondisi peseta didik baik dari segi ekonomi, sosial, budaya dan politik supaya dapat menyesuaikan pemberian layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan kondisi peserta didik. Dengan menyesuaikannya dengan kodisi sosiokultural konseli diharapkan guru BK dapat membantu peserta didik dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling disesuaikan dengan kondisi sosiokultural peserta didik agar pelaksanaan layanan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Manfaat pembelajaran ini sebagai kesiapan saya sebagai guru adalah untuk meningkatkan pemahaman saya mengenai keanekaragaman peserta didik. Sebagai konselor yang profesional saya harus dapat menyesuaikan diri dengan keanekaragaman peserta didik supaya dapat memberikan layanan yang tepat sesuai dengan kondisi konseli. Saya menilai kesiapan saya di angka 7, artinya saya masih harus banyak belajar dan meningkatkan kompetensi saya sebagai guru BK. 

Hal yang perlu saya persiapkan adalah pengetahuan, peningkatan kompetensi konselor multikultural, memperbanyak pengalaman dan berinteraksi dengan sesama guru BK untuk memperoleh dan mempelajari pengalaman-pengalaman yang berbeda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline