Lihat ke Halaman Asli

Ludianto

Jurnalis , Aktivis Kemanusiaan

Haji, Perjalanan Spiritual yang Dirindukan

Diperbarui: 8 Mei 2024   08:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc . Jamilatul Atiyah 

Ibadah Haji Merupakan Rukun Islam Kelima Bagi Yang Mampu Dan Di Mampukan Oleh Allah Swt , Ibadah Haji Bagi Masyarakat Muslim Juga Di Pahami Sebagai Pembuktian Atas Amal Baik Dan Amal Buruk Sebelumnya Sehingga Ibadah Haji Identik Dengan Fase Transisi Menuju Fase Baru ( Memperbaiki Diri ) . 

Ibadah Haji Perjalanan Spiritual Yang Di Impikan Semua Ummat Islam Di Dunia Tak Terkecuali Indonesia , Karena Ibadah Haji Merupakan Puncak Dari Rukun Islam Bagi Mereka Yang Mampu Menjalankannya . Untuk Tahun 2024 Ini Kouta Haji Indonesia 221.720 Kouta Jamaah Haji Reguler Dan 19.280 Kouta Jamaah Khusus , Dan Saking  Membludak Jamaah Yang Mendaftar Haji , Mereka Pun Rela Antri Menunggu Keberangkatannya Ke Masjidil Haram ( Mekkah ) Dan Masjid Nabawi ( Madinah ) Menunaikah Ibadah Haji .

Ibadah Haji Juga Identik Dengan Reuni Akbar Jutaan Ummat Islam Di Tanah Suci Mekkah , ia Tak Pandang Ras , Suku Dan Negara Mereka Hanya Berkumpul Di Tanah Suci Mekkah Hanya Memenuhi Panggilan Allah SWT . 

Ibadah Haji Merupakan Ibadah Yang Penuh Dengan Rakaian - Rangkaian Ibadah Yang Di Tetapkan Oleh Syariat Islam Seperti Sa'i lari - Lari keci Dari Bukit Sofa Ke Marwah , Makna Historis  Dari Sa'i Adalah Agar ummat Islam Untuk Berusaha Dengan  Sungguh - Sungguh Sebagaimana Siti Hajar Berusaha Dan Ber Sungguh - Sungguh Mencari Sesuatu untuk Bayi Saat Itu ( Nabi Ismail ) . Adapun Wukuf Di Arafah Merupakan Inti Dari Rangkaian Ibadah Ibadah Haji Dan Wukuf Pulalah Yang Membedakan Antara Ibadah Haji Dan Umroh .  Wufuk Di Arafah Mempunyai Nilai Historis Yaitu Allah Mempertemukan Nabi Adam Dan Siti Hawa Yang Telah Ber pisah Puluhan Tahun Dan Di Pertemukan  Di Jabal Rahmah , Di Mana Tempat tersebut Berada Di Sekitar Arafah . 

Ibadah Haji Perjalanan Spiritual Yang Sangat Di Impikan Oleh Seluruh Ummat Islam Di Manapun Berada , Semoga Kita Semua Mampu Dan Di Mampukan Oleh Allah Menunaikannya . 

Oleh : Ludianto ( Pengurus Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Sumenep ) 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline