Lihat ke Halaman Asli

elde

TERVERIFIKASI

penggembira

Prabowo Banyak Setuju, Jokowi Lanjut Periode Kedua

Diperbarui: 18 Februari 2019   12:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

merdeka.com

Jujur sempat ragu dan deg-degan menjelang debat capres kedua hari Minggu 17.02.2019. Khawatir bila Jokowi ada kendala dalam memaparkan capaian yang telah dilakukan dan saat tanya jawab beragumentasi dengan Prabowo. Karena melihat kesehariannya bila berpidato atau ketika door stop diwawancarai wartawan, cara menjawabnya begitu pelan dan banyak jeda panjang saat bicara. Takut saja kalau dalam debat masih dengan gaya seperti ini tentunya akan kehabisan waktu sebelum apa yang akan disampaikan tuntas.

Soal gaya bicara Jokowi ini mungkin juga dirasakan oleh kubu sebelah. Hanya saja bedanya kalau saya merasa khawatir, sebaliknya mereka riang gembira. Diyakini oleh mereka bahwa Prabowo yang dianggap biasa berpidato dengan garang dan diclaim tanpa baca teks, akan "membantai" Jokowi. Wacana tarung bebas dalam debat dikumandangkan ramai-ramai penuh keyakinan diri. 

Namun hal yang tidak terduga terjadi. Saat debat dibuka Jokowi tampak begitu santai tampil mengenakan kemeja putih yang dipadukan dengan celana hitam dan sepatu kets warna senada dengan celananya. Juga tampak terlihat tanpa membawa catatan apapun dan hanya bolpen yang selalu dia bawa di tangannya. 

Sepanjang debat Jokowi tampak cukup ekspresif dengan mimik muka yang sesekali tersenyum atau mengerutkan dahi saat lawannya, Prabowo Subianto mengeluarkan berbagai pernyataan terkait yang dirasa olehnya tak sesuai.

Materi debat dikuasai hampir sempurna, menjelaskan program-program yang sudah, sedang dan akan dilakukan dijabarkan begitu gamblang lancar mudah dipahami. Durasi waktu yang disediakan dimanfaatkan sebaik-sebaiknya. Pemaparannya mengalir begitu saja dan harap dicatat...tanpa teks!

Mantan Wali Kota Solo itu juga mampu memainkan emosi dengan cara menohok lewat serangan tajam, serta bertahan dan berkelit dari serangan lawan. Lawan yang memang tidak siap dan tidak banyak menguasai data pun terkapar. Akhirnya uraian beberapa program yang disampaikan Jokowi hanya bisa diamini dan disepakati oleh Prabowo.

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo berulang kali menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja petahana. Salah satunya soal infrastruktur yang dianggap pemerintah sudah bekerja keras.

Selain itu menyatakan menghargai apa yang dilakukan pemerintah selama ini saat Jokowi menyebut telah ada kerja sama dengan KPK soal penyelamatan sumber daya alam dan upaya penghutanan kembali lahan bekas tambang.

Ketika tema debat terkait lahan sawit untuk energi alternatif, Jokowi memaparkan bagaimana pemerintah sudah memulainya dan capaian yang dihasilkan begitu besar. Lagi-lagi Prabowo hanya bisa mengakui dan mendukung hal positif yang telah dilakukan petahana.

Tidak berhenti sampai disitu, saat Jokowi cerita bagaimana dia memastikan kondisi nelayan hingga blusukan tengah malam bersama sopir di kampung nelayan daerah Semarang. Agar bisa mendengar langsung dan membuat kebijaksanaan yang tepat. Bank Mikro Nelayan pun dibuat untuk menampung keluhan para nelayan.

Prabowo pun hanya bisa menjawab cukup jelas apa yang disampaikan oleh Jokowi. Seperti seorang murid di dalam kelas mendengarkan penjelasan dari guru lalu memahami terus manggut-manggut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline