Lihat ke Halaman Asli

Listhia H. Rahman

TERVERIFIKASI

Ahli Gizi

Konstipasi Menyerang Saat Puasa? Ini Solusi agar Normal Kembali

Diperbarui: 30 Maret 2024   17:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi | Shutterstock/theshots.co 

Pernahkah kamu bertanya: "Apakah pencernaan saya baik-baik saja?"

Konstipasi atau sembelit atau susah buang air besar menjadi salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi saat bulan puasa. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan pola makan, misalnya dari segi waktu makan/minum yang diperbolehkan dan jenis makanan/minuman yang dikonsumsi selama puasa.

Nah, sudah masuk puasa ke-19 apakah keluhan ini mampir juga padamu? Mari bahas bersama-sama.

Berapa Kali Idealnya Buang Air Besar?

Bervariasi. Normalnya bisa tiga kali sehari atau  tiga kali per minggu. Selain frekuensi, konsistensi dari tinja juga penting diperhatikan. Karena bisa-bisa terlalu sering namanya diare, dan itu tidak normal.

Biasanya ritual "panggilan alam" ini terjadi pada pagi hari. Dikatakan pula waktu ini menjadi waktu terbaik karena bertepatan dengan ritme sirkardian/jam biologis pencernaan, namun di luar waktu itu juga bisa saja terjadi.

Normalnya kita tidak perlu berupaya terlalu berat untuk mengeluarkannya, kalau sudah susah apalagi tidak mau keluar, bisa jadi tanda konstipasi. Menyiksa dan jadi tidak melegakan bukan? 

Agar Pencernaanmu Lancar Saat Puasa, Coba Perhatikan Ini!

Konstipasi saat puasa bisa terjadi karena beberapa faktor gaya hidup dan pola makan yang berubah. Berikut faktor-faktor penyebab konstipasi dan solusinya!

  • Kurang Serat

Masalah pertama dari konstipasi saat puasa adalah karena kurangnya asupan serat. Apalagi menurut data Riskesdas 2018, kebutuhan serat memang diketahui tidak terpenuhi, lebih dari 90 persen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline