Lihat ke Halaman Asli

Lila Widyawati

Belajar dan mengumpulkan informasi yang berguna

Logo Berperan Penting bagi UMKM

Diperbarui: 29 November 2020   15:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Sewaktu kita memulai bisnis baru, UMKM, usaha kecil, maka yang terpikir oleh kita hanyalah bagaimana menjual barang yang kita punya sebanyak banyaknya. Logo tidak pernah kita perhatikan sama sekali. Biasanya hanya sekedar nama yang kita berikan di kemasan atau toko yan kita punya, toko di penggir jalan ataupun di market place.

Sebenarnya adalah sangat penting bagi bisnis UMKM untuk memikirkan secara mendalam logo untuk usaha atau produk kita. Desain logo yang profesional sebenarnya sangat mempengaruhi kepercayaan konsumen pada produk dan perusahaan yang kita punyai dan tentunya pada akhirnya membuat bran kita menjadi lebih mudah diingat dan membedakan dengan produk atau erusahaan lain. Semua ini ujungnya adalah meningkatkan penjualan.

Desain logo perusahaan atau produk yang baing menjadikan produk atau perusahaan tersebut mudah diingat dan menonjol dibanding pesaingnya. Penelitian sudah membuktikan bahwa konsumen lebih cenderung untuk membeli dari merek atau perusahaan yang sudah dikenal dari pada seseorang yang tidak dikenal sama sekali. Disinilah pentingnya mengapa desain logo untuk UMKM sangat penting.

Desain logo untuk UMKM yang profesional akan membantu penjualan, karenanya investasi sedikit secara waktu dan uang untuk mendapatkan desain logo yang bagus dan profesional untuk bisnis yang akan mulai  kita jalankan adalah penting.

Membangun identitas brand atau istilah kerennya branding, sama dengan memasarkan produk atau perusahaan kita. Logo akan menjadi inti dari setiap kampanye pemasaran yang akan dilakukan.  Terutama bila kita berniat beriklan di social media. Musti ada ciri khar yang membuat orang ingat bahwa produk tersbut adalah produk kita. 

Di sosial media biasanya pengguna disajikan iklan yang di minati oleh mereka. Sebagai contoh bila kita sering mengklik makanan maka iklan produk makanan akan tampil di wall kita. Lalu bagaimana konsumen membedakan produk atau perusahan kita di banding produk kompetitor bila tidak ada ciri khas yang bisa membedakannya. 

Logo adalah penandaan yang bisa membedakan produk kita dengan kompetitor sejenis. Membuat logo yang bagus dan profesional menjadi hal penting bagi UMKM dalam menjalankan bisnis dan usahanya dalam persaingan pasar yang semakin ketat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline