Lihat ke Halaman Asli

lia yulianti

guru bahasa inggris di SMPN 2 Maniis Purwakarta

Eksplorasi Konsep (Modul 3.1 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya)

Diperbarui: 25 Oktober 2022   11:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada Eksplorasi konsep modul 3.2 ini Bapak dan Ibu Guru CGP akan di berikan beberapa pertanyaan pemantik seperti berikut ini:

  1. Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka  faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?
  2. Bagaimanakah seharusnya seorang kepala sekolah berperan dalam mengelola ekosistem sekolahnya?
  3. Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah? 
  4. Apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien?
  5. Seberapa besar dampak sumber daya (fasilitas) yang sekolah miliki untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid saat ini? Jelaskan!
  6. Sejauh mana sumber daya sekolah yang kita miliki sudah kita gunakan secara efektif untuk mendukung kualitas pembelajaran di sekolah? Jelaskan!
  7. Adakah cara alternatif yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas pembelajaran murid?
  8. Sudahkah sekolah memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar? Bagaimana pemanfaatannya?

Tidak ada jawaban yang salah ataupun benar pada tahap ini, baiklah mari kita coba jawab :

1. Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka  faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?

  • Faktor-faktor Biotik.

Faktor ini meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan unsur hidup seperti manusia. Contohnya adalah Murid, Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan (seperti Tata Usaha (TU), Satpam/Penjaga sekolah). Contoh lainnya adalah Pengawas Sekolah, orang tua, komite dan masyarakat di sekitar sekolah.

  • Faktor-faktor Abiotik.

Faktor ini meliputi segala sesuatu yang non hidup seperti  Faktor keuangan, Sarana dan prasarana dan lainnya

2. Bagaimanakah seharusnya seorang kepala sekolah berperan dalam mengelola ekosistem sekolahnya?

Kepala sekolah memiliki peran sebagai pemimpin di sekolahnya dan bertanggung jawab dan memimpin proses pendidikan di sekolahnya, yang berkaitan dengan peningkatan mutu sumber daya manusia, peningkaan profesionalisme guru, karyawan dan semua yang berhubungan dengan sekolah dibawah naungan kepala sekolah.

Kepala sekolah juga berperan sebagai manager yang mengatur seluruh kegiatan sekolah termasuk program dan guru-gurunya sehingga program sekolah yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan baik. tentu saja kepala sekolah harus berkolaborasi dengan semua pihak  yang ada di ekosistem sekolah. kepala sekolah juga harau bisa  bertindak sebagai pengambil keputusan  yang bijaksna sesuai dengan nnilai-nilai kebajikan.

3. Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah?

    kemampuan yang harus dimiliki kepala sekolah yaitu :

  • Berakhlak mulia.
  • Managerial
  • Memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin.
  • Memiliki keinginan yang kuat dalam mengembangkan diri sebagai kepala sekolah.
  • Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas.
  • Mampu mengendalikan diri dalam menghadapi masalah.

4. Apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline