Lihat ke Halaman Asli

Sarasvati

Content Writer

Memahami Apa Arti Ustadzah dan Bagaimana Cara Menjadi Ustadzah

Diperbarui: 23 Maret 2022   17:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ustadzah Mama Dedeh berceramah di Lapangan Meriam Sipoly (28/8) (Sumber: aceh.tribunnews.com)

Apa standar seseorang hingga bisa dipanggil ustadzah? Apa arti ustadzah yang sebenarnya? 

Ustadzah, istilah tersebut tentu tidak asing di telinga saat sedang mengikuti kajian agama Islam baik formal maupun non-formal. Namun sayangnya, beberapa orang sering menggunakan istilah ustadzah tanpa mengetahui apa arti ustadzah yang sebenarnya. Agar semakin mengenal apa itu ustadzah dan bagaimana caranya, simak penjelasannya berikut ini.

Definisi Ustadzah

Ustadzah Oki Setiana Dewi saat ditemui di Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).(KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA)

Selama ini, mungkin sebagian dari kamu mengira jika istilah ustadzah dan ustadz berasal dari bahasa Arab murni. Namun tahukah kamu, jika ditelusuri, bahwa isitlah ustadzah dan ustadz berasal dari bahasa serapan; Arab dan Persia yang mana artinya ialah guru atau pengajar; orang yang ahli dalam suatu bidang; gelar akademis level tinggi di universitas.

Adapun perbedaan antara ustadz dan ustadzah ialah jika ustadz dipakai untuk sebutan bagi pendidik laki-laki, sedangkan ustadzah artinya sebutan bagi pendidik perempuan.

Baca juga: Makna Sebutan Ustaz atau Ustazah

Jika di Timur Tengah artinya demikian, maka beda hal dengan di Indonesia. Ustadz atau ustadzah artinya orang yang memiliki pengetahuan agama Islam, serta perilaku dan pakaiannya diibaratkan seperti orang alim.

Orang yang disebut ustadz dan ustadzah antara lain da'i, mubaligh, penceramah, guru ngaji Quran, guru madrasah, atau  pengasuh/pimpinan pesantren (biasanya pesantren modern).

Bagaimana Cara Menjadi Ustadzah?

Di tengah perkembangan zaman, kini telah banyak perempuan yang tertarik untuk menjadi ustadzah. Lalu, bagaimana cara menjadi ustadzah?

Jika kamu bercita-cita menjadi ustadzah, seperti ustadzah Oki, ustadzah Mumpuni, atau ustadzah Halimah Alaydrus misalnya. Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan:

Pertama, Mendalami Ilmu Agama dengan Baik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline