Lihat ke Halaman Asli

Lailatus Safitri Afifaini

Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia

Mahasiswa KKN UISI Terapkan Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Siswa SD di Desa Mondokan

Diperbarui: 7 Oktober 2020   20:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN Tematik Daring UISI 2020

Saat ini Indonesia bahkan dunia terjangkit pandemi Covid-19 yang menyebabkan seluruh warga harus melakukan SFH (Study From Home) dan WFH (Work From Home). Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang besar dalam bidang pendidikan sehingga menyebabkan kegiatan belajar saat ini tidak lagi dilaksanakan di sekolah melainkan sementara waktu harus dilaksanakan rumah masing-masing secara online. Hal tersebut perlu dilaksanakan untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Begitupun di Desa Mondokan, Tuban, Jawa Timur juga menerapkan kegiatan belajar mengajar di rumah.

Dengan kegiatan belajar yang dilaksanakan dirumah masing-masing, guru tidak dapat mengontrol belajar dari siswa tersebut dan tidak sedikit siswa yang lebih suka bermain daripada belajar dirumah. "Kalau sekolah diliburkan seperti ini memang agak sulit mbak, biasanya ya lebih suka main dan anak saya terkadang juga kurang bisa fokus." Ujar salah satu orang tua siswa. 

Dari permasalahan proses belajar ini Mahasiswa KKN UISI di Desa Mondokan berinisiatif untuk melakukan kegiatan bimbingan belajar berbasis game dengan siswa SD (Sekolah Dasar) di Desa Mondokan. Kegiatan bimbingan belajar berbasis game dapat dilaksanakan secara online maupun offline. Proses pembelajaran seperti ini dapat dilakukan dengan memberikan sebuah tugas kepada siswa melalui berbagai platform baik dari website atau sebuah aplikasi pembelajaran berbasis game.

KKN Tematik Daring UISI 2020

Kegiatan bimbingan belajar berbasis game di Desa Mondokan dilaksanakan secara offline atau bertemu langsung dengan siswa SD yang ada di Desa Mondokan. Kegiatan ini dibatasi hanya beberapa siswa saja karena tetap harus memperhatikan protokol kesehatan yang ada. 

Mahasiswa KKN Desa Mondokan menggunakan inovasi pembelajaran ini dengan melihat apa yang membuat siswa tersebut tidak merasa jenuh dan bosan. Dengan melakukan bimbingan belajar berbasis game dapat membantu siswa untuk lebih semangat dalam belajar, kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan dan juga dapat melatih konsentrasi siswa.

Kegiatan belajar ini memanfaatkan sebuah website yang menyediakan platform pembelajaran berbasis game. Untuk proses pembelajaran ini mahasiswa KKN memberikan beberapa soal kepada siswa SD sesuai dengan materi yang sedang dipelajari. Siswa perlu untuk menjawab soal yang diberikan. Seperti contoh kegiatan kali ini menggunakan spin game. Melalui spin game siswa dapat menjawab soal yang diberikan secara acak guna untuk melatih konsentrasi siswa. 

Dengan kegiatan pembelajaran berbasis game seluruh siswa merasa sangat antusias dan bersemangat dengan kegiatan bimbingan belajar ini. "Belajar seperti ini seru, ada permainannya. Besok adain lagi ya, soal matematika." ujar farhan salah satu siswa SD.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline