Lihat ke Halaman Asli

Abdul Malik

penulis seni budaya

Ang Hien Hoo dan Siauw Giok Bie

Diperbarui: 2 Februari 2018   08:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siauw Giok Bie, Ketua Ang Hien Hoo, Malang. Periode 4 Desember 1958 sampai 1965. Foto diambil sekitar tahun 1980 di Koln -- Jerman . Dok.Siauw Tiong Djin

Ang Hien Hoo dan Siauw Giok Bie

Oleh Abdul Malik


APRIL 2014, Kota Malang merayakan hari jadinya yang ke-100 tahun. Begitu banyak nama dan peristiwa kebudayaan yang patut dicatat sebagai dokumentasi seni dan budaya, salah satunya Wayang Orang Ang Hien Hoo.

Adalah Kwee Kiat Siang yang lebih akrab disapa Bu Rudy yang menjadi pintu masuk saya memasuki lorong waktu Kota Malang seabad lalu. Di rumahnya yang teduh di JL.Taman Dieng V no.11 Malang, Bu Rudy, baru merayakan ulang tahun ke-72 pada 15 November lalu, fasih mengudar sejarah Wayang Orang Ang Hien Hoo. Bukan hanya sekarung kisah, namun dilengkapi dengan data-data kliping yang tekun dilakoninya selama 19 tahun dan dijilid rapi. Puluhan album foto, video dan koleksi kostum  wayang orang tersimpan rapi di dua kamar rumahnya.

 Selain foto Bung Karno bersama pemain Wayang Orang Ang Hien Hoo, saya mendapat pinjaman beberapa buku yang menarik menurut saya, salah satunya  Peringatan Satu Abad Perkumpulan Sosial Panca Budhi (d/h Ang Hien Hoo) di HUT Yang ke-101 (1910-2011).  Di lembar ketiga dari buku bersampul merah tersebut termuat foto dan nama-nama Ketua Ang Hien Hoo dari masa ke masa. Ada 9 foto dan nama, dimulai dari  Tjioe A Hang (tahun awal-1923) hingga Dr.dr.Sugiharta Tandya, Sp, PK (2005-2013).

Meskipun tidak terlalu tebal, isi buku tersebut memberikan informasi menarik untuk mengenal Wayang Orang Ang Hien Hoo. 

Untuk melengkapi informasi tentang Wayang Orang Ang Hien Hoo, saya merambah dunia internet.

Saya bandingkan dengan tulisan dari Siauw Tiong Djin "Mengenang Srikandi Indonesia: Tan Kiep Nio -- Siauw Giok Bie," yang diunggah di milis tionghoa-net, Senin, 22 Juli 2013 pukul 10.42 WIB. Di artikel tersebut disebutkan bahwa Siauw Giok Bie pernah menjadi Ketua Ang Hien Hoo.

Setelah membaca artikel tersebut, saya memeriksa kembali buku Peringatan Satu Abad Perkumpulan Sosial Panca Budhi (d/h Ang Hien Hoo). Tak ada nama dan foto Siauw Giok Bie. Saya lalu kontak via email dengan penulis artikel tersebut yang juga keponakan Siauw Giok Bie untuk mendapatkan klarifikasi.  "Tentang posisi ketua di Ang Hien Hoo Malang: Siauw Giok Bie menjadi ketua organisasi tersebut dari tahun 1961-an hingga 1965", jawaban Siauw Tiong Djin. Terlampir foto Siauw Giok Bie yang diambil tahun 1980 di Koln Jerman, dan alamat email Siauw Ting Soan (Wance), salah satu putri Siauw Giok Bie.

Saya pun segera kontak Siauw Ting Soan. "Alm Siauw Giok Bie, meskipun nama dan photonya tidak lagi dimasukkan buku sebagai orang yg pernah menjabat sbg ketua Ang Hien Hoo Malang, tetapi fakta sejarah berkata lain. Sebelum beliau menjabat sebagai Ketua , sebenarnya telah cukup aktif bergerak dalam Ang Hien Hoo. Lalu beliau diangkatpada 4 Desember 1958 -- 1965," jawab Siauw Ting Soan yang saat ini berada di Bali.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline