Lihat ke Halaman Asli

KKNT DESA SENTUL 2

Mahasiswa KKNT

Sampah Bukan Berarti Harus Selalu Kotor

Diperbarui: 7 Desember 2023   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim media posko 2 sentul. Dokpri

Di pagi hari dengan pancaran sinar matahari yang mulai menerangi bagian barat bumi, kami mahasiswa KKN institut agama Islam Syarifuddin melakukan kegiatan mendaur ulang sampah organik, mulai dari sampah rumah tangga hingga sampah yang ada di halaman rumah. Pendauran ulang ini di sebut dengan pupuk kompos.

kompos adalah bahan-bahan organik yang sudah mengalami proses pelapukan karena terjadi interaksi antara mikroorganisme atau bakteri pembusuk yang bekerja di dalam bahan organik tersebut.Proses pupuk kompos yang pertama yaitu mengumpulkan sampah terlebih dahulu baik dari sampah kering dedaunan hingga sampah rumah tangga yang belum kering.

Kemudian langkah yang kedua kami menghancurkan sampah kering dengan cara manual dan langkah ketiga hasil dari penghancuran tadi dimasukan ke dalam karung dengan kemudian dilapisi dengan sampah basah, hal ini dilakukan terus sampai Karung tersebut penuh dengan sampah.

Setelah di diamkan selama 3 hari di bawah teriknya sinar matahari , barulah kompos ini akan di setorkan kepada salah satu warga yang menjadi pengepung kompos ini. sehingga lingkungan menjadi bersih dan sehat dari pencemaran sampah yang telah didaur ulang menjadi bahan yang bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline