Lihat ke Halaman Asli

Kamilah Husna

Welcome!!

Manajemen Dalam Suatu Perusahaan

Diperbarui: 18 Desember 2021   16:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Apa yang kalian pikiran jika mendengar kata manajemen ?  

Jika mendengar kata manajemen perusahaan, bisa saja dalam pikiran kita adalah sesuatu yang berhubungan dengan proses sebuah perusahaan dalam menjalankan kegiatannya. Atau bisa saja suatu rangkaian tindakan atau proses perencanaan, penyusunan, pengendalian serta memimpin anggota perusahaan untuk mencapai sasaran atau target bisnis dengan menggunakan semua sumber daya yang dimiliki perusahaan. 

Jika dilihat dari sudut pandang Koontz dan Weihrich, Manajemen adalah proses merancang dan memelihara lingkungan di mana individu-individu bekerja sama dalam kelompok, untuk mencapai tujuan yang dipilih secara efisien. Dalam mencapai tujuan bisnis tersebut, manajemen perusahaan tentunya memiliki fungsi dan tingkatannya masing-masing. Berikut ini akan kami berikan penjelasan mengenai kedua hal tersebut.

4 Fungsi dalam sebuah Manajemen, yaitu :

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Fungsi Perencanaan (Planning) merupakan sebuah proses untuk menetapkan tujuan, pembuatan strategi serta mengembangkan rencana aktivitas perusahaan.  Fungsi perencanaan ini dibuat dengan tujuan untuk meminimalisir resiko, kegagalan atau kesalahan yang mungkin dilakukan oleh perusahaan.

2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Fungsi Pengorganisasian (Organizing) adalah sebuah proses penyusunan serta penentuan sumber daya organisasi guna untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan pada tahap sebelumnya. Fungsi ini meliputi pembagian tugas untuk sumber daya manusia, penetapan struktur perusahaan dan garis wewenangnya serta mengalokasikan sumber daya alam dan merekrut sumber daya manusia.

3. Fungsi Pengarahan (Directing)

Fungsi Pengarahan (Directing) adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan kegiatan mengarahkan, membimbing, mengispirasi, mengawasi dan menginstruksikan semua karyawan agar mau bekerja sama dan bekerja secara efektif dan efisien, agar tercapai tujuan dari perusahaan, karyawan bahkan masyarakat.

4. Fungsi Pengawasan (Controlling)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline