Lihat ke Halaman Asli

Profiling Peserta Didik adalah Kunci dalam Menciptakan Strategi Pembelajaran

Diperbarui: 22 Juli 2023   17:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam upaya mencapai tujun pendidikan yang efektif sangat penting bagi pendidik untuk mengenal dan memahami peserta didik secara individu. Profilling peserta didik menjadi kunci utama dalam menciptakan strategi pembelajaran yang efektif di sekolah. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pentingnya profiling peserta didik dan bagaimana hal tersebut dapat membantu menciptakan strategi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan di sekolah.

Profilling peserta didik merupakan proses pengumpulan informasi tentang peserta didik seperti minat, bakat, kemampuan, gaya belajar, dan kebutuhan khusus. Profilling peserta didik penting untuk dilakukan karena akan membantu guru dalam (1) memahami keberagaman peserta didik. Setiap peserta didik memiliki keunikan dan keberagaman dalam bakat, minat, dan kemampuan. Dengan melakukan profilling, pendidik dapat mengidentifikasi perbedaan ini dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan individu masing-masing peserta didik, (2) melakukan pembelajaran yang sesuai dengan karakterisktik peserta didik, dengan informasi yang diperoleh dari profilling peserta didik, pendidik dapat menyusun strategi pembelajaran yang dapat disesuaikan untuk setiap peserta didik. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk belajar dengan cara yang paling efektif dan meningkatkan motivasi serta hasil belajar mereka, (3) meningkatkan keterlibatan peserta didik, dengan memahami minat dan preferensi peserta didik, pendidik dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan relevan. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar, membuat mereka lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran, (4) mengatasi kesulitan guru dalam mengajar, melalui profilling peserta didik juga dapat membantu pendidik dalam mengidentifikasi peserta didik yang memiliki kesulitan belajar. Dengan mengetahui hal ini, pendidik dapat menyediakan bantuan tambahan dan dukungan yang diperlukan untuk membantu peserta didik meraih potensinya secara optimal.

Setelah melakukan profilling peserta didik, diharapkan pendidik dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif. Beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif yaitu melakukan pendekatan, dalam strategi ini pembelajaran didesain berdasarkan minat peserta didik. Pendidik dapat mengintegrasikan topik yang relevan dengan minat peserta didik ke dalam materi pembelajaran. Hal ini akan membuat peserta  didik lebih terlibat aktif, semangat, dan termotivasi dalam belajar. Selanjutnya melakukan pembelajaran yang berdiferensiasi, pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik dimana guru memfasilitasi peserta didik sesuai dengan kebutuhannya karena setiap peserta didik memiliki karateristik yang berbeda-beda sehingga tidak dapat diberikan perlakuan yang sama. Sebagai seorang pendidik diharapkan bahwa guru dapat menggunakan berbagai pendekatan belajar sehingga sebagian besar peserta didik dapat belajar sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Selain itu juga dapat melalui pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kolaboratif merupakan pembelajaran yang menempatkan peserta didik dengan latar belakang dan kemampuan yang beragam dengan menguatkan karakter gotong royong dalam kelompok kecil. Kegiatan yang bersifat kolaboratif biasanya akan lebih mendorong peserta didik untuk termotivasi dan semangat dalam belajar. 

Melalui pemaparan di atas tentang pentingnya profilling peserta didik untuk menciptakan strategi pembelajaran yang efektif, kita sebagai pendidik harus dapat menerapkan strategi-strategi yang tepat dalam melakukan pembelajaran setelah mengetahui profil peserta didik di kelas tersebut. Profiilling peserta didik akan sangat membantu guru dalam mengetahui karakteristik peserta didik di dalam kelas yang berbeda-beda mulai dari gaya belajar, minat, perkembangan sosial, emosi, dan lain sebagainya sehingga guru dapat menyesuaikan strategi pembelajaran yang tepat berdasarkan hasil profilling peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline