Lihat ke Halaman Asli

Jethro Avenanda Syaranamual

Universitas Katolik Parahyangan

Cinta Kasih dalam Kebenaran

Diperbarui: 8 September 2022   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Cinta kasih dalam kebenaran merupakan salah satu hal yang terkandung dalam Spriritualitas dan Nilai Dasar Unpar. Hal ini sangatlah penting dalam keberlangsungan relasi antar umat manusia. Sebagai manusia, kita harus mengasihi dan mencintai sesama yang berlandaskan adanya kejujuran.

Contoh kasus yang cukup sering ditemui dalam dunia kuliah dan pekerjaan adalah free rider. Fenomena ini bagaikan 2 sisi koin, dimana terdapat dampak negatif dan positif. Dimana merugikan bagi "korban" karena terus menerus dimanfaatkan tetapi menjadikan "korban" lebih banyak belajar sesuatu hal yang baru. Kita sudah seharusnya mengingatkan satu sama lain agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif. 

Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara mulai dari memberi teguran, memberi nasihat ataupun perspektif positif yang dapat merubah suatu kebiasaan buruk menuju ke arah yang lebih baik. Kita juga harus mengutamakan komunikasi agar dapat memahami satu sama lain dan berpikir positif sehingga apabila ada suatu permasalahan dapat diselesaikan dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline