Lihat ke Halaman Asli

Alfathan Rahman

Blogger, kompasiana kontributor

Prestasi Seorang Valentino Rossi Selain di Ajang MotoGP

Diperbarui: 18 November 2020   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bolasport.com

Valentino Rossi, siapa tak kenal dengan sosok pembalap yang satu ini. "The Doctor", begitu julukannya merupakan salah satu icon pembalap dalam sejarah MotoGP. Skill yang sangat mempuni, prestasi yang mentereng, kedekatan emosional dengan para fans, dan masih banyak lagi aspek-aspek lainnya yang membuat ia sangat dikenal.

Rossi sendiri telah memulai karir balap di ajang Grand Prix sejak usia 17 tahun melalui ajang GP 125cc pada tahun 1996 lalu. Dan gelar juara dunia pertama kali ia raih pada tahun 1997. Tahun 2000, ia berhasil naik kelas untuk berkompetisi di ajang MotoGP yang saat itu masih berformat GP500 bersama tim Nastro Azzuro Honda.

Meski berstatus pendatang baru, The Doctor mampu meraih hasil yang sangat gemilang. Ia mampu meraih dua kali kemenangan dan menempati posisi runner-up klasemen akhir kejuaraan. Sungguh luar biasa bukan? Pada akhirnya dalam kurun waktu 5 tahun berturut-turut, ia berhasil menjadi juara dunia bersama pabrikan Honda dan Yamaha.

Meski sempat kehilangan gelar pada tahun 2006 dan 2007, Rossi mampu mengembalikan kedigdayaannya yang hilang pada tahun 2008 dan 2009. Sayangnya hingga kini ia belum mampu lagi meraih gelar dunia. Total Rossi sudah mengemas 7 kali juara dunia dengan 89 kemenangan dan 199 podium. Ia aktif berkarir di MotoGP hingga musim 2020 ini, sekaligus menjadikannya sebagai pembalap tertua di starting grid.

Bicara Valentino Rossi pasti bicara juga tentang MotoGP. Karena pencapaiannya sudah tidak diragukan lagi. Meski begitu pencapaian dan prestasi seorang Rossi bukan hanya di atas kuda besi saja. Kali ini kami akan membahas 5 prestasi Rossi yang berhasil ia ukir di beberapa ajang balap dunia...

1. Formula One

tmcblog.com

Formula 1 merupakan salah satu ajang balap prestisius di dunia dari segmentasi mobil atau roda empat. Balapan ini telah dimulai sejak tahun 1950-an. Selama itu pula sederetan nama pembalap besar ikut berpartisipasi dalam ajang balap ini. Sebut saja Juan Manuel Fangio, Niki Lauda, Mario Andretti, Ayrton Senna, Michael Schumacher, hingga Lewis Hamilton.

Tak main-main banyak pabrikan dunia ikut beradu gengsi untuk menunjukkan siapa yang terbaik di balapan Formula1 dan Ferrari adalah tim serta pabrikan yang paling sukses dengan mengemas 14 kali juara dunia.

Tapi tahukah kamu bahwa Formula 1 adalah salah satu ajang balap yang pernah dijajal Valentino Rossi? Semua itu terjadi pada kurun waktu 2004-2006. Saat itu Rossi turun dalam sesi uji coba yang juga diikuti oleh pembalap F1 yang lain. Hasilnya pun tak buruk bahkan The Doctor sempat menempati posisi 15 besar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline