Lihat ke Halaman Asli

Irfan Adhityo

Mahasiswa

Memahami Preferensi Asuransi Milenials

Diperbarui: 3 Januari 2020   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Oleh:

- Irfan Adhityo 

- Imanuella Chelsea

- Rangga Yusuf A.

- Rafi Farhanto

Perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen mempengaruhi keseluruhan industry. Perusahaan semakin berlomba-lomba untuk memahami keinginan konsumen dalam rangka bertahan di dalam industri, tak terkecuali industry keuangan. Industri perbankan sedang gencar-gencarnya mengembangkan teknologi remote-banking berbasis internet. Hal ini didasarkan pada kondisi konsumen yang semakin mobile dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk dapat pergi ke teller.

Bagaimana dengan industri asuransi? Industri asuransi merupakan industri yang berbasis pada jasa, sehinggapemahaman terhadap tren, persepsi, serta perilaku konsumen merupakan determinan yang krusial dalam menentukan kesuksesan bisnis, tentunya dengan disokong oleh prinsip pengelolaan dana yang mengedepankan aspek kehati-hatian.

Umumnya, paham yang populer berkembang adalah terjadinya shifting basis bisnis. Selling point asuransi yang dahulu berfokus kepada penjualan jasa secara tatap muka kini dianggap telah berubah menjadi virtual melalui smartphone dan terintegrasi baik produk asuransi maupun brand.

Dunia asuransi telah berkembang dengan pesat berkat adanya teknologi yang telah maju. Kini, untuk memahami produk asuransi, kita hanya tinggal menggerakkan jari-jari kita di gadget yang berada dalam genggaman. Aplikasi marketplace juga memudahkan kita untuk membandingkan produk asuransi sehingga mengurangi asymmetric information. 

Dunia berubah, begitu pula dengan generasi. Generasi "nenek moyang" perlahan tergantikan dengan generasi yang awam disebut sebagai "millenials". Generasi yang menuntut semuanya serba cepat, serba efisien, dan serba mobile. 

Hal ini mendasari tumbuhnya teknologi berbasis mobile dan meningkatnya sistem self service memunculkan perubahan pada hampir semua sektor industri, tidak terkecuali industri asuransi. Pelaku bisnis berlomba-lomba untuk memahami perilaku konsumen millenials ini. Jumlah yang mendominasi, usia yang relatif muda, produktivitas yang tinggi, serta keterbukaan informasi dan daya beli membuat pelaku bisnis memberi perhatian khusus pada generasi ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline