Lihat ke Halaman Asli

Irfan Maulana

Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Hadapi Bayern Munchen, Mampukah Chelsea Ulang Kejayaan Final 2012?

Diperbarui: 25 Februari 2020   19:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Kompas.Com

Masih ingatkah Anda pada partai final UEFA Champions League 2011/2012 ? Tepat saat itu pada tanggal 19 Mei 2012 menjadi saksi laga antara Bayern Munchen vs Chelsea yang terjadi di Allianz Arena markas dari Bayern Munchen di kota Munich , Jerman.

Saat itu Didier Drogba , Frank Lampard dan kawan-kawan sukses meraih gelar juara bersama Chelsea dengan sang pelatih caretaker saat itu Roberto di Matteo setelah sebelumnya menggantikan posisi Andre Villas-Boas .

Pada partai final 2012 inilah The Blues Chelsea berhasil meraih trofi si kuping besar untuk pertama kali sepanjang sejarah , sejak klub ini berdiri pada tahun 1905 . 

Hasil itu diraih setelah Chelsea menang melalui drama adu penalti dengan skor total 5-4 , setelah sebelumnya bermain imbang 1-1 pada waktu normal 2 X 45 Menit atau 90 menit waktu normal.

Sempat kebobolan terlebih dahulu oleh Bayern Munchen lewat gol Thomas Muller sebelum akhirnya Didier Drogba pastikan Chelsea menyamakan kedudukan lewat gol sundulan kepala.

Kemudian laga berakhir imbang 1-1 dan berlanjut pada babak perpanjangan waktu hingga terjadi drama adu penalti , sang pahlawan bagi Chelsea adalah sang striker asal Pantai Gading Didier Drogba yang pastikan Chelsea meraih gelar juara Liga Champions Eropa untuk pertama kali di musim 2011/2012.

Setelah beberapa musim bergulir , kini kedua tim akan saling berhadapan kembali pada edisi UEFA Champions League 2019/2020 atau musim ini di fase knock out babak 16 besar  untuk pertandingan leg pertama akan berlangsung di Stadion Stamford Bridge markas Chelsea yang akan berlangsung pada Selasa 25 Februari 2020 malam waktu setempat atau Rabu 26 Februari 2020 dinihari WIB dan pertandingan leg kedua akan berlangsung di Allianz Arena markas Bayern Munchen pada tanggal 19 Maret 2020 mendatang .

Dari statistik kedua tim di laga terakhir kompetisi domestik masing-masing , Chelsea misalnya baru saja meraih kemenangan atas Tottenham Hotspur 2-1 pada Derby London Sabtu lalu dilanjutan laga Premier League sementara itu Bayern Munchen juga berhasil menang tipis atas SC Paderborn dengan skor 3-2 . Tentu ini akan jadi duel menarik antara bomber andalan masing-masing saat ini , Chelsea sendiri akan mengandalkan Olivier Giroud serta Bayern Munchen akan bertumpu pada striker asal Polandia Robert Lewandowski .

Chelsea sendiri saat ini dilatih oleh pelatih Frank Lampard yang juga menjadi bagian dari skuad Chelsea ketika masih aktif bermain sebagai gelandang dan sukses juga meraih gelar juara Liga Champions Eropa dengan lawan yang sama yaitu Bayern Munchen , sementara Bayern Munchen sendiri kini dilatih oleh Hans-Dieter Flick .

Sementara itu dari pertandingan lainnya , ada laga antara tim Serie A Italia SSC Napoli kontra tim La Liga Spanyol yaitu Barcelona dan ini juga akan jadi duel yang menarik bagi kedua tim , terutama duel striker mereka.

SSC Napoli sendiri akan mengandalkan Dries Mertens dan sementara Barcelona tentu saja akan bergantung pada siapa lagi kalau bukan sosok Lionel Messi . Untuk saat ini SSC Napoli dilatih oleh Gennaro Gattuso dan Barcelona sendiri kini dilatih oleh Quique Setien yang resmi gantikan posisi Ernesto Valverde .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline