Lihat ke Halaman Asli

intan nia nia

Mahawasiswa

Pelatihan Meningkatkan Digital Marketing dalam Membuat Ecommerce UMKM Terasi Jembret Kabupaten Karawang

Diperbarui: 24 September 2022   17:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa universitas Islam 45 Bekasi Kelompok 3  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas komunikasi sastra dan bahasa mengadakan kegiatan secara kolaborasi membuat Pelatihan Pemasaran Digital dengan pengenalan platform pemasaran melalui aplikasi E-commerce Shopee kepada pelaku UMKM Terasi jembret di Desa segarjaya dusun karangmulya, kabupaten karawang. Selasa (5/9/2022). Kegiatan yang dilaksanakan di rumah pelaku UMKM Terasi jembret pada pukul 09:00 sampai 11:30 wib di dusun karangmulya Rt 11 Rw 03.

Pelatihan Pemasaran Digital dilaksanakan dalam rangka membantu memperkenalkan pemasaran digital khususnya praktek berjualan online melaui platform e-commerce Shopee dikarenakan banyaknya dari pelaku UMKM di Dusun karang mulya yang masih terkendala dalam bidang pemasaran produk UMKM nya. Biasanya pelaku UMKM Terasi Jembret di Dusun karang mulya dalam proses pemasaran yang dilakukan pun masih dengan sangat sederhana, yakni sebatas promosi antar teman atau menggunakan metode pemasaran dari mulut ke mulut yang dijual langsung ke pasar tradisional yang dirasakan kurang efektif.

Seiring berkembangnya zaman semua serba canggih dan cepat khususnya dalam segi pemasaran beberapa penjualan yang masih manual menjadi tertinggal. Dalam hal ini, dibutuhkan proses penjualan secara online yang berbasis e-commerce. Ada banyak bentuk e-commerce yang dapat digunakan untuk berjualan secara online. Untuk melakukan penjualan secara online tersebut diperlukan beberapa pengetahuan dan wawasan agar lebih mudah dalam penjualan produk serta perluasan target pasar. Jika penjualan produk berjalan lancar hasil keuntungan yang diperoleh penjual juga semakin besar. Pemasaran produk yang besar juga dapat membuat branding dari produk tersebut.

Melihat hal tersebut, mahasiswa KKN prodi ilmu komunikasi yang berada di Dusun karangmulya mengadakan kegiatan pelatihan mengenai pembuatan e-commerce pada pelaku UMKM terasi jembret

Bapak tisan, selaku aparatur desa di desa segarjaya menyambut positif adanya kegiatan Pelatihan Pemasaran Digital marketing yang diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN ilmu komunikasi. Harapan dari beliau dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut dapat menambah percaya diri pelaku UMKM Terasi jembret dalam mengembangkan produknya lewat pemasaran digital serta memberi warna baru terhadap produk lokal agar terus berkembang didalam maupun luar kota. Jumat (2/9/22).

Dalam palatihan praktek dalam pembuatan akun Shopee dan cara membuka toko serta upload produk di Shopee membantu pelaku UMKM terasi jembret mengenal lebih dalam e-commerce yang sedang sangat populer di Indonesia saat ini meliputi pengertian, manfaat, dan fitur - fitur yang dirangkum secara singkat. Pemanfaatan e-commerce ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM terasi jembret memperluas pemasaran produk.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline