Lihat ke Halaman Asli

Inngamul Wafi

Bangsawan (Bangsa tangi Awan)

Peringatan Maulud Nabi di TPQ Darul Muttaqin

Diperbarui: 30 Oktober 2020   16:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejak awal memasuki bulan maulud, terdengar hampir dipenjuru desa lantunan-lantunan sholawat kepada Baginda Nabi Agung Muhammad SAW. Seperti itu lah, tradisi masyarakat Muslim dalam menyambut bulan kelahiran Nabi.

Berbagai acara pengajian diselenggarakan dengan berbagai macam. Seperti di Mushola Darul Muttaqin Perumnas Cendana Asri Majenang Cilacap contohnya. 

Acara dimulai dengan pembacaan Kitab Al-Barzanji oleh Ibu-Ibu Muslimat setempat kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Juz Amma dan Pildacil oleh Santri-Santri TPQ Darul Muttaqin. Kemudian pada acara inti dibuka pengajian oleh masyarakat Perumnas Cendana Asri yang pada kali ini diisi dengan pembicara Bapak Kyai Sarjan.

Pildacil yang dibawakan oleh Santriwati TPQ Darul Muttaqin ananda Isma Aliatunnazah bertemakan hikmah Maulud Nabi Muhammad SAW dengan paket 5M.

M yang pertama yaitu mencontoh, yang dimaksud yaitu kita mencontoh perilaku kanjeng Nabi. Meneladani akhlak nabi pada aspek kehidupan kita.

M yang kedua yaitu Merubah. Merubah perilaku kita dari perilaku negatife ke perilaku positif.

M yang ketiga yaitu Membiasakan. Membiasakan yang dimaksud yaitu Membiasakan amalan dengan istiqomah.

M yang keempat yaitu Membaca Al-Qur'an. 

M yang kelima yaitu Membaca Sholawat.

Beliau menjelaskan dari kelahiran Nabi sampai akhlak Nabi dengan sumber yang berdasarkan pada kitab. Dijelaskan juga bahwasanya Pendidikan Agama diusia dini itu punya dampak yang sangat penting.

Kemudian acara inti yang dibawakan oleh Bapak Kyai Sarjan, kyai cigaru dengan keistiqomahannya mengisi pengajian rutin di majelisnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline