Lihat ke Halaman Asli

Diseminasi Pemahaman dan Pengalaman Penerapan Budaya Positif Modul 1.4

Diperbarui: 29 Januari 2023   23:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok pribadi

Diseminasi Pemahaman dan Pengalaman Penerapan Budaya Positif Modul 1.4

di SDN 4 Sindanggalih 

Rancangan Tindakan Aksi Nyata 

Latar Belakang 

Untuk mewujudkan sekolah impian yang aman, nyaman dan memerdekakan murid dalam upaya menuntun tumbuh kembang kekuatan murid sesuai kodratnya menuju kebahagiaan dan keselamatan, maka seorang pendidik harus melakukan perannya dalam menciptakan budaya positif di sekolah.  Budaya Positif yang di maksud adalah sikap, perilaku, nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, kebiasaan-kebiasaan di sekolah yang berpihak pada murid agar murid dapat berkembang menjadi pribadi yang kritis, penuh hormat mandiri, dan bertanggung jawab atas tindakannya selaras dengan nilai-nilai kebajikan yang diyakini menuju profil pelajar pancasila. 

       Seorang pendidik harus selalu berusaha menumbuhkan motivasi internal murid agar budaya positif mengakar kuat dan menjadi kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus dan disadari oleh setiap warga sekolah. Oleh karena itu perlu adanya kolaborasi dari semua pihak, terutama warga sekolah dan juga orang tua siwa secara terintegrasi agar tercipta budaya positif yang diimpikan. Merujuk pada latar belakang tersebut, saya selaku pendidik akan melakukan aksi nyata berupa berbagi pemahaman dan pengalaman terkait budaya positif di sekolah. 

Tujuan :

  • Menumbuhkan budaya positif di lingkungan sekolah yang dilakukan secara berkolaborasi dengan seluruh warga sekolah dengan membuat keyakinan kelas.
  • Menumbuhkan motivasi intrinsik dari murid 
  • menumbuhkan karakter murid yang selaras dengan nilai-nilai kebajikan sesuai dengan profil pelajar pancasila.

Tolak Ukur :

  • Adanya kerjasama dari semua warga sekolah dalam menumbuhkan budaya positif.
  • Semua warga sekolah dapat menerapkan sikap sesuai nilai-nilai kebajikan yang telah diyakini dan disepakati bersama selaras dengan profil pelajar pancasila.
  • terjadi perubahan perilaku.

Linimasa Tindakan yang akan dilakukan :

  • Menemui Kepala Sekolah untuk menyampaikan tentang pentingnya menumbuhkan budaya positif di kelas/sekolah dan meminta izin untuk berbagi pemahaman dan pengalaman terkait budaya positif.
  • Berkolaborasi dengan seluruh warga sekolah mengenai perencanaan penyebaran informasi di sekolah dan waktu pelaksanaan terkait disiplin positif, dan keyakinan kelas.
  • Guru bersama murid menuliskan keyakinan kelas masing-masing.
  • Keyakinan kelas yang telah disepakati selanjutnya ditandatangani oleh seluruh warga kelas dan ditempel di depan kelas.
  • Melakukan Evaluasi, refleksi dan tindakan perbaikan.

Dukungan yang dibutuhkan : 

  • Pimpinan dan teman sejawat di sekolah sebagai teman berdiskusi dan berkolaborasi untuk mewujudkan budaya positif di kelas dan sekolah.
  • Murid sebagai pusat pembelajaran, dan melakukan kerjasama bersama guru dalam melaksanakan aksi nyata membuat keyakinan kelas.
  • Orangtua murid sebagai pendukung yang dapat memotivasi murid menjalankan budaya positif di lingkungan rumah dan melakukan pengawasan untuk disampaikan pada guru.
  • Laptop
  • Video / slide presentasi
  • papan tulis dan alat tulis
  • HP
  • Infocus
  • Kertas Karton
  • Kertas Manila warna warni
  • dll.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline