Lihat ke Halaman Asli

Lapas Jogja

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta

Implementasi Wisma Pancasila, Lapas Yogyakarta Gelar Lomba Ular Tangga Pancasila

Diperbarui: 19 Agustus 2023   14:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

WBP antusias mengikuti perlombaan.| Foto: Husni/ Humas Lapas Jogja

YOGYAKARTA -- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta menghadirkan nuansa kemerdekaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan menyelenggarakan berbagai perlombaan, salah satunya adalah Ular Tangga Pancasila. Perlombaan ini adalah upaya pihak lapas mengimplementasikan keberadaan Wisma Pancasila dan menumbuhkan semangat serta motivasi para WBP untuk mencintai bangsa dan negara. 

Hal itu dikatakan oleh Kepala Lapas, Soleh Joko Sutopo, saat mendampingi perlombaan tersebut pada Selasa (15/8)."Dalam peringatan hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia untuk warga binaan pemasyarakatan, kami melaksanakan berbagai kegiatan. Di antaranya adalah lomba-lomba, kemarin baru ada lomba catur, dan hari ini lomba olahraga tradisional, dan juga peningkatan pemahaman terkait Pancasila," terangnya.

Ia menambahkan bahwa di lapas yang bernaung di bawah Kanwil Kemenkumham DIY tersebut telah dicanangkan Wisma Pancasila bersinergi dengan Kodim 0734/ Kota Yogyakarta. Wisma Pancasila sendiri mengadopsi 'Kampung Pancasila' yang terdapat di beberapa kelurahan di Yogyakarta.

 "Tujuan utamanya adalah memberikan penguatan terkait wawasan kebangsaan, bela negara, dan pemahaman pancasila termasuk butir-butir Pancasila kepada WBP," tambahnya.

Seorang WBP saat berlomba.| Foto: Husni/ Humas Lapas Jogja

Permainan Ular Tangga Pancasila dilaksanakan dengan membagi WBP menjadi beberapa kelompok, satu perwakilan kelompok berjalan di atas papan permainan ular tangga dan bergerak sesuai banyaknya angka yang keluar pada dadu. Selanjutnya, perwakilan tersebut harus melaksanakan perintah yang ada pada papan ular tangga yang berisi tentang wawasan kebangsaan. [HT]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline