Lihat ke Halaman Asli

Hery Syofyan

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Negeri Asal Sepakbola, Cina atau Inggris?

Diperbarui: 18 Februari 2016   09:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sepak bola secara umum adalah salah satu bentuk olah raga yang dilakukan oleh 11 orang dalam satu tim, menggunakan media bola untuk ditendang dan dimasukkan ke gawan lawan. Dalam sepak bola terdapat beberapa komponen yang digunakan untuk bermain sepakbola diantara yaitu bola, jumlah pemain, wasit atau pengadil lapangan, lapangan, pelatih, dan juga penonton yang hadir di stadion.

[caption caption="sumber foto : www.satujam.com"][/caption]

Banyak orang di dunia sangat menyukai sepak bola, baik itu suka karena memang hobi memainkannya, atau juga suka untuk sekedar menonton pertandingannya, atau mungkin juga suka memainkan gamenya di perangkat komputer. Karena banyaknya orang yang menyukainya imaka sepak bola akhirnya menjadi sebuah permainan olahraga terpopuler dan sangat digemari oleh seluruh penduduk dimuka bumi ini mengalahkan olahraga bola jenis lainnya.

Sepakbola bahkan dapat juga memunculkan fanatisme buta/berlebihan bagi penyukanya sampai-sampai mereka berani mempertaruhkan jiwanya hanya untuk membela tim kesayangannya. Namun dibalik fanatisme dan semua kegilaannya itu, tak banyak sebetulnya yang tahu bagaimana sejarah dan asal usul permainan sepak bola itu sendiri.

Untuk itu mari kita coba mengulasnya mulai dari bagaimana sejarah dan asal usul sepak bola itu hingga Sepakbola itu menjadi olahraga terbesar nomor 1 di dunia ini. Ok…..guna melengkapi tulisan ini, saya akan mencoba mencari info/data sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber di dunia maya ini, dari mana sesungguhnya sepakbola itu berasal,

Berdasarkan penelusuran oleh para Sejarawan asal usul sepakbola ini diketemukan jejaknya lewat budaya, Dari pendekatan asal-usul ini, sepak bola dibagi menjadi dua bagian yaitu masing-masing Pertama, zaman kuno pada era tahun 4500 lalu dan kedua, Era Modern yang melandasi langsung persepakbolaan saat ini. Sekaligus ini menjelaskan sejarah asal-usul sepakbola yang berkembang di tengah masyarakat dunia dalam dua versi. Versi pertama yang mengatakan asal-usul sepak bola itu dari negeri China dan versi kedua mengatakan asal-usul sepakbola dari Inggris. tentu ini akan menjadi pembahasan yang menarik dari mana sesungguhnya asal muasal sepakbola yang menjadi olahraga nomor satu terpopuler dimuka bumi ini…..OK

[caption caption="sumber foto : www.turbo.pk"]

[/caption]

Era Sepak Bola Zaman Kuno

Era ini dimulai dari sejak adanya penemuan Artefak dari kebudayaan kuno yang ditemukan oleh para sejarawan yang menjelaskan bahwa sepak bola itu telah dimainkan di Mesir, Tiongkok, Roma Italia, Prinsip dasar pemainan ini bertahan selama bertahun-tahun, dan terus berlanjut hingga abad pertengahan.

Pada tahun tahun 2500 SM, telah ditemukan Penggunaan Bola yang terbuat dari linen di Mesir, sebagian berbahan dasar usus atau kulit binatang. Hal itu diketahui Berdasarkan gambar, dari gamabar itu para ahli itu berteori bahwa sepak bola Mesir dimainkan saat pesta kesuburan. Mereka membungkus bola dengan kain berwarna cerah dan menendangnya di atas tanah untuk merayakan kelimpahan hasil bumi.

Begitu juga dengan di Tiongkok dulunya dikenal dengan sebutan Cuju atau menendang dengan kaki telanjang. Sekitar 476 SM hingga 221 SM, olahraga ini sangat populer di Tiongkok. Permainannya juga tidak jauh berbeda. Sebuah bola kulit dengan boneka bulu di dalamnya ditendang di lapangan persegi. Dan untuk mencetak skor, mereka harus menendangnya di antara dua kain yang digantung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline