Lihat ke Halaman Asli

Hara Nirankara

Penulis Buku

"Orang Kaya" Mana Tahu Nikmatnya Makan Pakai Ikan Asin dan Sambal

Diperbarui: 9 Desember 2020   16:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image via cookpad

Belakangan ini banyak orang memperlihatkan tempat nongkrong mereka, berbagai macam menu mewah yang mereka makan, hingga menunjukkan bill yang harus mereka bayarkan. 

Entah, mereka sengaja membuat konten seperti itu apakah murni ingin pamer atau sengaja ingin viral. Respon yang ditunjukkan oleh "orang kaya beneran" kepada "orang kaya (mungkin) beneran" pun, tidak ingin kalah. Orang-orang kaya itu membalas dengan membuat konten rumah mereka yang mewah, deposito miliaran rupiah, hingga kendaraan yang harganya miliaran rupiah juga.

Sebenarnya tidak masalah jika tiap orang ingin "pamer", namun yang sering dilupakan oleh mereka, banyak orang-orang yang tiap harinya kelaparan, kekurangan uang. Hal semacam itu sama juga dengan membuat dark joke di depan orang disabilitas, dan hal teramat menyakitkan bagi golongan yang disinggung.

Well, mau semahal atau senikmat apapun makanan yang mereka (orang kaya) beli, masalah "rasa" tetap saja masalah selera. Dan, tiap orang pasti mempunyai seleranya masing-masing, kan?

Bicara mengenai selera makanan, Saya sendiri tipikal orang yang suka makanan sederhana. Bukannya tidak mampu beli atau belum pernah makan makanan seperti pembuat konten di atas, tapi, Saya justru gampang bosan ketika memakan makanan "mewah". Sebaliknya, Saya selalu nambah porsi ketika memakan makanan sederhana. Contoh? Ikan asin, sambal, tempe goreng/kerupuk.

Saya sendiri sering membuat makanan sederhana itu, caranya:

Pertama, siapkan bahan seperti ikan asin, cabai rawit atau cabai setan, bawang putih, bawang merah, tomat, garam, micin, dan minyak goreng.

Kedua, iris memanjang cabai rawit atau cabai setan, dan bawang putih. Sisakan cabai, bawang, dan tomat untuk membuat sambal.

Ketiga, cuci bersih ikan asin.

Keempat, panaskan wajan dan isi dengan minyak goreng.

Kelima, masukkan cabai dan bawang putih yang sudah diiris ke dalam wajan panas yang sudah berisi minyak goreng (jangan terlalu banyak minyak goreng). Masak hingga setenah matang cabai dan bawang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline