Lihat ke Halaman Asli

Hara Nirankara

Penulis Buku

Tidak Melulu Berwisata, 3 Hal Ini Dapat Dilakukan Selama Liburan

Diperbarui: 29 Oktober 2020   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi quality time bersama keluarga (Sumber gambar: allparenting.com)

Libur panjang telah tiba, pasti banyak orang yang merencanakan liburan di tempat-tempat wisata seperti Ancol, Puncak, Dieng, atau yang lainnya. 

Memang sangat seru, kita bisa menikmati liburan bersama keluarga. Akan ada cerita yang seru, melakukan hal yang menyenangkan di dalam mobil sepanjang jalan, dan yang tak kalah penting, momen kehangatan bersama keluarga.

Bagi yang mempunyai rencana liburan, serta didukung oleh kemampuan finansial, pasti tidak akan sabar lagi menikmati liburan bersama keluarga. Tapi, bagaimana dengan mereka yang tidak bisa pergi berlibur, khususnya bagi orang-orang yang kekurangan pendanaan? 

Tenang, kalian masih tetap bisa menikmati sensasi berlibur kok, walau hanya di rumah. Saya akan membagikan tips tentang bagaimana berlibur di rumah.

Pertama, buatlah jadwal kegiatan untuk hari pertama. Misalkan dimulai dari jam 5 pagi, kamu bisa membawa keluarga untuk lari pagi bersama. Loh, apa istimewanya lari pagi di hari libur?

Keistimewaannya yaitu, kita bisa menikmati waktu lari pagi bersama keluarga. Bukankah itu suatu hal yang jarang terjadi? Maka nikmatilah kesempatan itu, lalu kalau mau setelahnya bisa melipir dahulu untuk menyantap sarapan bubur ayam bersama. 

Momen makan bubur ayam bersama keluarga di pinggir jalan, terlebih setelah menikmati lari pagi bersama, merupakan sebuah momen yang juga jarang terjadi. Terlebih, jika masing-masing dari anggota keluarga sudah mempunyai karier sendiri.

Namun jangan lupa untuk tetap menaruh perhatian ekstra pada protokol kesehatan ya di tengah situasi pandemi ini.

Kedua, kalian harus menyiapkan agenda apa saja yang akan kalian lakukan sepanjang hari. Misalkan setelah lari pagi dan sarapan, anak perempuan bisa menemani ibu untuk belanja sayuran dan membantunya dalam memasak untuk makan siang. 

Momen masak bersama tentunya jarang terjadi, terlebih jika si anak sudah mempunyai kesibukan dalam berkarier. Sedangkan anak lelakinya, bisa diarahkan untuk menemani sang ayah duduk-duduk di teras rumah. 

Menciptakan sebuah obrolan ditemani secangkir kopi, makanan ringan, adalah hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Bisa saling bertukar pikiran, bisa juga meminta nasehat jika terjadi suatu masalah dalam pekerjaan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline