Lihat ke Halaman Asli

Hilman Idrus

Fotografer

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Susi Pudjiastuti Diminta "Comeback" dan Mengembalikan Citra Positif KKP

Diperbarui: 27 November 2020   00:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Edhy Prabowo bersama Susi Pudjiastuti. Foto: Kompas.Com

Sepulang dari kunjungan kerja di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bersama istri dan sejumlah bawahannya ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (25/11/2020).

Dikutip dari Kompas.com berdasarkan keterangan resmi KKP pada 19 November 2020 lalu, Edhy Prabowo dijadwalkan melangsungkan kunjungan ke negeri Paman Sam selama 7 hari.

Ada sejumlah pejabat di lingkup eselon I KKP turut dalam kunjungan kerja: Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Muhammad Zaini Hanafi dan Direktur Pemantauan dan Operasi Armada DItjen PSDKP Pung Nugroho Saksono.

Namun, dari kunjungan kerja tersebut berakhir pada penahanan yang dilakukan KPK, lantaran terlibat kasus hukum. Dari kasus yang menimpa Menteri KKP Edhy Prabowo dan bawahannya, total ketujuj belas orang yang ditahan KPK.

Hanya saja yang ditetapkan sebagai tersangka sebanyak tujuh orang yaitu Edhy Prabowo, Staf Khusus Menteri KKP/Ketua Tim Uji Tuntas Perizinan Usaha Perikanan Budidaya Lobster, Staf Khusus Menteri KKP/Wakil Ketua Tim Uji Tuntas Perizinan Usaha Perikanan Budidaya Lobster, Pengurus PT. Aero Citra Karyoto, staf istri Edhy Prabowo, dan Direktur PT. Dua Putra Perkasa (DPP).

Edhy Prabowo dan bawahannya ditangkap, lantaran terkait kasus dugaan suap penerimaan hadiah, atau janji terkait perizinan tambak, usaha atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020.

Kasus ini, tentu menyita perhatian publik di masa pandemi covid-19. Betapa tidak, di saat kondisi ekonomi belum normal karena hantaman wabah Covid-19. Menteri KKP Edhy Prabowo dan sejumlah bawahannya malah mengangetkan publik dengan kasus dugaan suap.

Terlebih, kasus ini mencoreng citra Kementerian Kelautan dan Perikanan, padahal di periode Susi Pudjiastuti, KKP mendapat sorotan lantaran menunjukkan peningkatan dalam kinerja pada setiap tahun. Karena pencapaian itulah, membuat Susi Pudjiastuti menyabet sejumlah penghargaan.

Dan terakhir pada 2019 lalu, walaupun tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, namun dianggap sukses ketika memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan, sehingga dia mendapat pengharagaan The Most Phenomenal Minister dalam Anugerah Indonesia Maju 2018-2019 yang diselenggarakan oleh Rakyat Merdeka dan Warta Ekonomi di Jakarta, Senin (8/4/2019) lalu.

Bagaikan dua sisi mata uang, mantan menteri KKP Susi Pudjiastuti dinilai sukses pada periode jabatan Jokowi-Jusuf Kalla, sementara kasus yang menimpa Menteri KKP Edhy Prabowo dan bawahannya, selain mencoreng wajah kementerian Kelautan dan Perikanan, termasuk kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline