Lihat ke Halaman Asli

Helda Rahayu

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Angkatan 2021 Universitas Palangka Raya

Menggali Potensi Seni Rupa dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Diperbarui: 30 April 2024   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan P5 di SDN 1 Menteng (Membuat Mozaik Biji-bijian)



Seni rupa adalah bentuk ekpresi kreatif yang melibatkan penggunaan elemen visual seperti garis, warna, bentuk, tekstur, dan ruang untuk menciptakan karya seni yang memiliki makna estetika atau pesan tertentu. Seni rupa adalaah ekspresi kreatif yang memungkinkan kita untuk menyampaikan ide, emosi, dan pengalaman melalui berbagai media dan teknik.

Di sekolah dasar, pengajaran seni rupa tidak hanya sekedar mengajarkan teknik menggambar, tetapi juga membuka pintu  bagi penemuan kreativitas dan ekspresi diri yang penting bagi perkembangan anak-anak. Seni rupa dapat diintegrasikan dengan mata pelajaran lain seperti matematika, ilmu pengetahuan dan bahasa, untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik.

Seni anak sekolah dasar umumnya ditandai dengan ekspresi kreatif yang sederhana, warrna-warni, dan penuh imajinasi. Mereka cenderung menggunakan media seperti pensil warna, crayon, cat air, dan kertas untuk mengekspresikan ide-ide mereka. Karya seni mereka seringkali penuh dengan keceriaan, cerita-cerita sederhana, serta gambar-gambar dari kehidupan sehari-hari atau dunia imajinatif mereka.

Seni rupa juga memungkinkan peserta didik untuk memahami dan menghargai keanekaragaman budaya. Dalam pembelajaran seni, mereka dapat belajar tentang berbagai jenis seni budaya di seluruh dunia. Ini membuka pikiran mereka untuk memahami persfektif yang berbeda dan meningkatkan toleransi serta penghargaan terhadap keberagaman.

Di Tengah tekanan akademis yang tinggi, seni rupa memberikan peserta didik kesempatan untuk berekspresi secara bebas. Mereka dapat mengekspresikan perasaan, ide, dan pengalaman mereka melalui karya seni mereka. Hal ini membantu peserta didik untuk mengenal dan memahami diri mereka sendiri dengan lebih baik.

Dalam pelaksanaanya, seorang guru seni rupa memiliki peran utama ykni mendorong kreativitas anak-anak. Lebih dari itu, guru seni rupa memberikan umpan balik yang konstruk dan mendukung untuk membantu anak-anak meningkatkan keterampilan mereka dan meningkatkan kepercayaan diri dalam berkarya. Guru seni juga memanfaatkan seni sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai positif dalam diri anak-anak. Mereka mengajarkan tentng kerj keras, ketelitian,kerjasama, dan ketekunan.

Dengan berbagai peran ini, guru seni rupa di sekolah dasar memainkan peran penting dalam membentuk perkembangan holistik anak-anak. Mereka tidak hanya membaantu anak-anak mengembangkan keterampilan seni, tetapi juga membantu mereka menjadi individu yang kreatif, berpikiran terbuka, dan peduli terhadap dunia di sekitar mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline