Lihat ke Halaman Asli

Tips Mempersiapkan Mobil Sebelum Digunakan Untuk Berpergian Jauh

Diperbarui: 22 Desember 2020   21:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

telepongenggam-jimmy63.blogspot.com

Bila kita ingin berpergian jauh dengan kendaraan pribadi selain persiapan mental, uang yang cukup kita juga harus mempersiapkan kendaraan kita juga agar kita bisa menggunakan kendaraan tersebut dengan nyaman saat berpergian.

Faktor utama ada mesin dan bagi mobil mesin adalah nyawa setiap kendaraan. Mesin harus di jaga seperti anda menjaga tubuh anda sendiri. Mesin mobil kini memiliki dua macam, yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Setiap libur, anda selalu melupakan beberapa komponen penting yang harus di rawat ketika anda berpergian.

Hal ini bisa mengakibatkan mesin bisa rusak ketika pakai berpergian. Karena ketika anda berpergian menggunakan mobil anda lebih lama dari biasanya anda pakai. Beberapa hal yang harus di perhatikan terhadap mobil anda yaitu:

telepongenggam-jimmy63.blogspot.com

Pertama : Oli adalah salah satu hal yang penting untuk anda perhatikan. Oli bisa membantu kendaraan anda dalam perjalanan. Oli yang kotor bisa mengakibatkan karat mesin akan tidak maksimal.

Kedua : Ketika anda sedang bersiap untuk pergi liburan. Terlebih dahulu panaskan mobil anda. Hal ini untuk membuat mesin bersiap untuk melakukan perjalanan jauh. Karena ketika mobil tidak sering dipanaskan maka mobil akan lebih sering mogok.

telepongenggam-jimmy63.blogspot.com

Ketiga : Saringan udara juga sangat penting karena membuat mobil anda menjadi lebih irit. Jika kotor segera bersihkan. Tetapi jika saringan sudah rusak lebih baik dig anti dengan yang baru.

Keempat : Isi penuh bahan bakar kendaraan anda hal ini supaya ketika anda sedang berpergian jauh dan melewati pemukiman yang sepi. Anda tidak akan kesusahan mengisi bahan bakar karena anda sudah full.
Kelima : Sistem pendingin juga merupakan hal yang amat penting. Bayangkan saja ketika anda berpergian jauh dan sistem pendingin anda rusak anda pasti akan kepanasan pastinya. Apalagi di Indonesia Negara tropis, lebih banyak panas di bandingan hujan, maka dari itu perawatan sistem pendingin sangat penting.

telepongenggam-jimmy63.blogspot.com

Keenam : sebelum anda berpergian coba cek mesin anda atau coba mobil anda dengan mengendarai sekitar rumah anda. Jadi anda tahu apakah mobil anda layak di kendari atau tidak untuk jarak jauh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline