(Sumber : jzstore.id)
Berdagang secara online sudah menjadi hal yang mudah dilakukan. Tanpa persyaratan yang rumit, dari remaja hingga orang dewasa dapat membuka toko online secara pribadi. Saking mudahnya membuka toko online, kita sampai lupa bahwa ada beberapa strategi agar toko selalu dikunjungi dan mendapat pesanan setiap hari. Berkat kecanggihan teknologi, kehadiran toko online memberikan keuntungan dari berbagai segi, seperti ekonomi, manajemen waktu, dan logistik. Dilihat dari segi ekonomi, kegiatan ini menghemat pengeluaran pada sewa lahan atau gedung. Dari segi logistik, transaksi secara online dapat meminimalisir polusi udara akibat penggunaan kendaraan berbahan bakar monoksida dan karbondioksida. Pada sisi manajemen waktu, transaksi daring dapat meminimalisir waktu untuk pergi ke toko secara on-site.
Berikut adalah langkah-langkah jitu agar tokomu selalu ramai dikunjungi pengunjung.
1. Bergabung dalam Marketplace
Marketplace berbeda dengan e-commerce. Dilansir dari situs Sribu.com, marketplace adalah situs yang menjangkau pembeli lebih luas daripada e-commerce. Selain itu juga, marketplace ialah situs yang memasarkan produk tanpa terbatas dengan kehadiran niche. Berdasarkan situs Glints, niche adalah segmen pasar yang dibuat berdasarkan kebutuhan dan preferensi konsumen. Marketplace biasa ditemukan di Facebook dan Instagram, Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Bukalapak.
2. Ciptakan Toko yang SEO-Friendly
Tanpa mengeluarkan anggaran iklan yang cukup besar, dibutuhkan strategi dalam memasarkan produk. Bagaimana caranya? Caranya adalah menautkan link toko di media sosial ataupun di toko daring (dalam jaringan) yang dipunya. Selain itu, dapat juga menyebarkan link toko ke grup yang anggotanya aktif atau ke teman-teman yang dikenal agar traffic pada toko menjadi lebih ramai. Dapat juga membuat website dengan top-level-domain berbayar (seperti : .com, .net, .id) agar toko mu menjadi lebih banyak dikunjungi. Dengan traffic toko yang lebih banyak, niscaya toko mu akan ramah terhadap mesin pencarian. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, ketika penulis menggunakan blog dengan domain.com dan sub-domain dari blogspot. Sangatlah berbeda!! Traffic ke website dengan domain.com jauh lebih tinggi daripada sub-domain dari blogspot.
3. Menggelar Promo di Hari-Hari Spesial
Promo adalah hal yang sudah pasti dilirik oleh konsumen. Dengan potongan harga yang fantastis, sudah pasti konsumen akan menautkan hatinya di produk tersebut. Tips dari penulis adalah memberikan promo pada hari-hari spesial, seperti misalnya promo berupa potongan harga pada kebaya dan brokat di hari kelahiran Ibu Kita Kartini. Atau, misalnya promo berupa gratis ongkos pengiriman pada setiap barang yang dijual. Atau promo yang biasa dilakukan di tanggal cantik oleh platform Lazada. Misalnya, promo 12.12 yang jatuh pada tanggal 12 Desember. Lalu, promo 3.3 yang jatuh pada 3 Maret. Promo 5.5 yang jatuh pada tanggal 5 Mei. Dan seterusnya..
4. Cek Tanggal Pada Kalender