Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaihu

Guru di MTsN 4 Kota Surabaya sejak tahun 2001

Kesadaran Individu Faktor Utama Keselamatan Berkendara

Diperbarui: 3 November 2022   14:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Faktor penyebab terbesar kecelakaan lalu lintas (sumber data : Kepolisian Republik Indonesia 2017)

                                             

Peraturan lalu lintas diciptakan untuk kemanan dan kenyaman pengguna kendaraan bermotor saat melakukan aktivitas berkendaraan di jalan raya.

Sering kali kita menjumpai pelanggaran lalu lintas di jalan raya, atau di jalan tol karena kurangnya kesadaran individu pengguna kendaraan bermotor saat berkendaraan.

Kesadaran dan kepatuhan individu adalah faktor utama terjadinya pelanggaran lalu lintas di jalan raya maupun jalan tol. Sering kali kita melihat, menyaksikan, mengalami bahkan mungkin melakukan pelanggaran lalu lintas saat menggunakan kendaraan bermotor, dan biasanya yang paling banyak melanggar saat kita menggunakan kendaraan roda dua.

Mulai tidak memakai helm, menerobos lampu merah utamanya di jalan raya yang jauh dari pantauan petugas, berboncengan tiga, atau lebih , berjalan siksak, tidak menggunakan lampu seing yang benar, melawan arus, dan masih banyak lagi yang kita lihat, saksikan bahkan kita lakukan.

Menggunakan roda empat bukan berarti tidak lepas dari pelanggaran yang diakibatkan kurang kesadaran diri, seperti tidak menggunakan sabuk pengaman, terutama penumpang di tempat duduk bagian tengah atau belakang, menggunakan handphone saaat menyetir kendaraan, membawa penumpang yang melebihi kapasitas tempa duduk di kendaraan, membuang sampah sembarangan dari dalam mobil.

Akibat kurangnya kesadaran diri dalam mematuhi peraturan lalu lintas berakibat fatal, berupa kecelakaan lalu lintas yang menurut catatan pihak kepolisian dari tahun ke tahun faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya maupun jalan tol (khusus kendaraan roda 4 atau lebih) seperti data sebagai berikut :

1.  Faktor utama sebesar 61 % adalah  manusia (karakter dan kemampuan dari pengemudi saat mengemudi)

2.  Faktor kedua sebasar 30 % adalah faktor prasrana jalan dan lingkungan

3.  Faktor ketiga sebesar 11 % adalah faktor kendaraan (kelayakan dan persyaratan teknik kendaraan)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline