Lihat ke Halaman Asli

R A Kurniasih

Just blog and share

Hebohnya Warganet Perbincangkan "Soundtrack" Asian Games 2018

Diperbarui: 4 Agustus 2018   19:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sampul album Asian Games 2018 Energy of Asia (credit to id.wikipedia.org)

Asian Games akan dimulai tepat dua minggu lagi, namun semaraknya telah bergema di penjuru negeri ini. Theme song atau official soundtrack menjadi suatu hal wajib dan tak bisa ditinggalkan sebagai pemantik semangat para atlet. Resmi dirilis pada 13 Juli 2018 lalu, official song album Asian Games: Energy of Asia ini tentunya tak boleh dilewatkan. Para Netizen pun telah berbondong-bondong  menonton serta memenuhi kolom komentar kanal Youtube resmi, 18th Asian Games 2018. 

Terhitung ada 13 lagu dengan genre berbeda dipersiapkan untuk mengiringi perjuangan para atlet. Perilisan album Asian Games ini pun tak lepas dari perbincangan publik. Perdebatan , kehebohan, dan keseruan netizen dalam mengapresiasi soundtrack Asian Games 2018 ini menjadi perwujudan keaktifan, antusiasme, dan kreatifitas masyarakat kita.

Dikemas dengan aransemen dangdut modern, lagu Via Vallen yang bertajuk "Meraih Bintang"ini dinobatkan sebagai Theme Song utama Asian Games 2018. Lagu ini sempat menjadi trending di youtube dan jumlah penontonnya pun semakin bertambah. Keputusan untuk menjadikan lagu Via Vallen sebagai Theme Song pun tak luput dari perdebatan. 

Banyak yang berpendapat bahwa lagu ini tak layak menjadi Asian Games atau Agnes Mo lebih layak ketimbang Via Vallen untuk menyanyikan Theme Song di ajang selevel Asia ini. Netizen pun banyak yang mengkritisi dan lebih memilih lagu "Bright as The Sun" sebagai lagu utama Asian Games 2018 karena alasan rasa yang lebih Internasional. 

Namun sekali lagi perlu diingatkan bahwa ajang Asian Games ini bukan hanya tentang pertandingan olahraga semata, tetapi juga ajang untuk memperkenalkan budaya, lagu, dan makanan. Pilihan kepada Via Vallen untuk menjadi penyanyi theme song Asian Games pun telah dipertimbangkan matang-matang sebab Via dipandang sebagai penyanyi yang sedang naik daun dengan genre dangdut yang memang asli Indonesia.


Meskipun tak menjadi Official Theme Song utama untuk Asian Games, lagu "Bright as The Sun"membawa kesan tersendiri bagi para pendengarnya. Lagu yang dinyanyikan oleh 18 penyanyi Indonesia lintas genre ini banyak dipuji oleh netizen karena 'sense' nya yang lebih Internasional. 

Hal ini pun tak perlu disangsikan lagi. Terhitung ada 3 youtuber dunia yang mengcover lagu "Bright as The Sun" dalam Bahasa ibu mereka yakni Bahasa Jepang oleh Hiroaki Kato, Bahasa Thailand-Inggris oleh Jennine Weigel, dan Bahasa Korea Selatan oleh J'Fla. 

Lagu yang diciptakan oleh Rian dan Rama D'MASIV ini diiringi oleh alunan instrument etnik membuat identitas budaya Indonesia tetap kental namun tetap kekinian. Lagu ini menjadi perbincangan dan dibanding-bandingkan dengan lagu Via Vallen "Meraih Bintang". Netizen terbilang "berisik" mengomentari lagu ini lebih apik dan berkelas ketimbang lagu Via Vallen. Bahkan ada netizen yang memohon agar lagu "Bright as The Sun" ini menjadi lagu utama Asian Games 2018.

Disebut-sebut mengisi soundtrack Asian Games, Agnes Mo rupaya juga turut andil menyanyikan lagu "Be Brave". Lagu berbahasa inggris ini disebut netizen cocok sebagai lagu untuk Asian Games namun sayangnya lagu ini bukanlah lagu terbaru dari Agnes Mo. Lagu "Be Brave" telah masuk pada album Agnes Monica beberapa tahun yang lalu. 

Lagu dan Video Klip apik dipersembahkan oleh Rapper JFlow dan Dira Sugandi. Lagu yang berjudul "Unbeatable" ini memadukan hiphop dan pop diiringi alunan gitar. Video klip dari lagu ini pun tak kalah kerennya. Mengusung tema yang berbeda dan lebih modern lagu serta video klip lagu "Unbeatable" ini banyak dipuji oleh netizen.

Tak melulu soal lagu, adapula tarian yang dikemas Bersama nyanyian lagu "(non political) Asian Games". Lagu ini dinyanyikan oleh Band legendaris Slank dan DJ Dipha Barus. Koreografi unik dan sederhana pun disisipkan agar mudah diikuti oleh penonton. Menurut saya pribadi, video klip lagu ini Superb, cool, dan epic sekali. Berbeda dan unik.  Kolaborasi ini memberikan suguhan olahraga air dan memang unik dari segi lirik maupun video klipnya. Namun sayangnya tak semua netizen menyukai lagu ini, kemungkinan karena genre lagu ini yang tak biasa. Bahkan ada netizen gokil yang mengomentari lagu ini bak lagu lebaran (hari raya).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline