Lihat ke Halaman Asli

Bahasa Menunjukkan Bangsa #20 - Alay Vs Indoglish

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

[caption id="attachment_197620" align="alignleft" width="196" caption="Ilustrasi meminjam gambar dari www.eskrim-cokelat.blogspot.com"][/caption]

Pusing. Itu yang pertama kali saya alami ketika membaca gaya bahasa anak-anak muda jaman sekarang. Dengan seenak udel mereka menulis kalimat dengan menggunakan gabungan huruf dan juga angka. Ditambah karakter-karakter serta simbol-simbol. Kata per kata pun mereka hemat (baca: singkat) dengan kata yang entah apa artinya. Ya, itulah bahasa anak muda yang mungkin sering disebut dengan bahasa ALAY.

Pernahkah anda bertemu dengan kalimat berbahasa 4L4Y tersebut? Apa yang anda rasakan manakala membacanya? Sama pusingkah seperti saya? Jika ya, berarti memang saya tidak salah bahwa ada semacam trend dan pergeseran penggunaan bahasa ke arah bahasa yang tidak sesuai dengan karakter bahasa Indonesia. Entah, apakah ini merupakan pergeseran budaya ataukah hanya trend semata. Namun, jika ditilik dari tata bahasa yang amburadul, bahasa alay ini sangatlah mengganggu tata bahasa Indonesia.

Mau contoh bahasa 4L4y? cari saja facebook anak-anak ABG jaman sekarang, hampir semua berbahasa demikian. Pabalatak, kalau kata orang sunda mah.

Ada lagi bahasa yang lain. Biasanya diistilahkan dengan bahasa Indoglish. Artinya gabungan antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Bahasa inggris setengah hati menurut saya, hehe. Berbeda dengan bahasa Alay, bahasa Indoglish ini masih masuk akal menurut saya. Cuma kadang-kadang terasa aneh saja di telinga. Biasanya, bahasa-bahasa tulis juga sering mendominasi menggunakan bahasa campuran ini. Saya sendiri kerap menggunakan bahasa ini, kadang ikut trend dan biar terdengar sound English nih si Hadi hahaha. Saya sih masih mentolerir karena memang saya terlibat di dalamnya, hehe. Maaf!

Menyikapi kedua bahasa ini, agaknya kita selaku anak bangsa harus mulai kembali mensosialisasikan penggunaan bahasa Indonesia sesuai dengan tempatnya, karena itu adalah ciri khas bangsa kita. Seperti apa yang dituliskan mas Bambang Pribadi di artikelnya Bahasa Menunjukan Bangsa #1, bahwa ada yang salah dengan bangsa kita dan salah satu penyebab mayornya adalah bahasa. Hal senada juga ditulis oleh Mariska Lubis dalam artikelnya berjudul Bahasa Menunjukkan Bangsa. Menurut mariska kondisi dimana bangsa kita merasa bahwa berbahasa asing lebih keren, merupakan kondisi sosial yang yang sangat tidak sehat. Masih menurut Mariska, Bila masyarakat di dalam sebuah negara tidak lagi memiliki patokan atu pegangan yang menjadi tolak ukur atas sebuah perbuatan, berarti ada yang tidak beres di negara tersebut.

Saya sependapat dengan artikel-artikel tersebut bahwa bahasa memang menunjukkan bangsa. Artinya bangsa kita akan dilihat seperti apa berdasarkan etalase pertamanya. Dan etalase tersebut adalah bahasa. Ini disebabkan bahwa bahasa memang sebagai alat komunikasi utama di era peradaban masa kini. Namun amat patut disayangkan apabila ternyata penggunaan bahasa Indonesia pada forum-forum resmi masih dicampur adukkan dengan bahasa asing. Ini mencerminkan bahwa ada unsur tidak percaya diri dari bangsa kita ketika berbahasa Indonesia.

Memang benar jika anda berpendapat tidak ada bahasa yang seratus persen murni. Bahasa Indonesia sendiri berasal dari bahasa melayu, kemudian berakulturasi dengan bahasa-bahasa lain di tanah air. Termasuk dengan bahasa Belanda, Portugis, bahkan juga bahasa Inggris. Namun, alangkah lebih baik apabila kita bangga berbahasa Indonesia dan menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan tempatnya. Dan alangkah lebih baik jika kita menggunakan bahasa Indonesia supaya bahasa kita tidak punah begitu saja. Kata orang sunda ngamumule bahasa Indonesia, supaya tidak hilang dari peradaban negeri ini. Karena bahasa Indonesia sendiri adalah bahasa yang sangat kaya.

Kembali ke bahasa alay dan indoglish. Cukup rasanya bahasa tersebut menjadi bahasa yang hanya trend semata. Untuk itu, kita selaku manusia yang diberikan anugerah kecerdasan berpikir sudah selayaknya untuk mengingatkan sesama teman kita supaya mulai meninggalkan bahasa alay yang bikin pusing tujuh keliling itu.

Adapun tentang bahasa indoglish, cukuplah digunakan pada forum-forum non formal saja. Jangan sampai bahasa ini menjadi bahasa pengantar utama ketika kita berada dalam forum resmi. Karena benar bahwa bahasa menunjukkan bangsa. Jika saja bahasanya sudah amburadul, maka bukan tidak mungkin kelak akan selalu menjadi bangsa yang amburadul.

Sekali lagi bahasa menunjukkan bangsa. Saya mulai bertanya-tanya jika saja anak muda jaman sekarang sudah merasa keren dengan bahasa alay, apa jadinya bangsa kita di kemudian hari? Bukan tidak mungkin, bahasa Indonesia akan dicaplok oleh bangsa lain yang belum punya bahasa nasional. Jangan sampai deh!!! (HS)

Kakimanangel, 18juli2010

To Mas Bambang Pribadi, ini sedikit kontribusi saya tentang bahasa menunjukkan bangsa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline