Lihat ke Halaman Asli

Hadi Santoso

TERVERIFIKASI

Penulis. Jurnalis.

Mengulik "Mind Games" Pemain-pemain Malaysia Jelang Menantang Indonesia

Diperbarui: 18 Desember 2021   12:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Garuda harus tidak bole terpengaruh dengan mind game yang dilancarkan Malaysia jelang tampil di laga terakhir Grup B, Minggu (19/12)/Kompas.com

Tetangga berisik. Noisy neighbors.

Begitu frasa terkenal yang pernah diucapkan pelatih legendaris Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson untuk menyindir klub tetangga, Manchester City.

Kala itu, Sir Alex merasa jengah ketika 'keluarga besar' Manchester City yang menjadi tim kaya baru, acapkali nyinyir mengusik rumah tangga Manchester United.

Lantas, keluarlah ucapan terkenal itu.

Nah, frasa tetangga berisik itu kiranya cocok untuk menggambarkan rivalitas klasik antara Timnas Indonesia dengan tim negeri jiran, Malaysia di panggung sepak bola.

Utamanya jelang Indonesia bertemu Malaysia di laga terakhir penyisihan Grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12). Laga ini akan menentukan lolos tidaknya kedua tim ke semifinal.

Komentar pedas pemain Malaysia menyentil Indonesia

Ya, di ranah sepak bola, sebagai tetangga, Malaysia bukanlah tetangga yang pendiam. Sebaliknya, negeri jiran itu seringkali berisik.

Sampeyan (Anda) yang rajin mengikuti kabar dari panggung Piala AFF 2020, pasti paham. Betapa, Timnas Malaysia acapkali jadi newsmaker di media.

Di antaranya kabar viral bahwa Malaysia bakal mundur dari Piala AFF 2020 karena krisis pemain imbas beberapa pemain terpapar Covid-19. Nyatanya, kabar itu tidak benar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline