Lihat ke Halaman Asli

Hadi Santoso

TERVERIFIKASI

Penulis. Jurnalis.

Sejarah Hari Ini, Kita dan Pelajaran "Why do We Fall" dari Didier Drogba

Diperbarui: 22 Mei 2020   10:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Didier Drogba saat membawa Chelsea juara Liga Champions pada 2012. Drogba bangkit dari kejatuhan setelah empat tahun sebelumnya (tepat hari ini), Chelsea menangis di malam final di Moskow/Foto: uefa.com


Why do we fall?

Sampean (Anda) yang menyukai film Batman Begins garapan sutradara beken Christoper Nolan yang rilis pada 2005 lalu, pastinya paham dengan petikan percakapan Alfred Pennyworth dan Bruce Wayne itu.

Kalimat tanya itu diucapkan Alfred usai menyelamatkan Bruce yang nyaris tewas terkubur reruntuhan bangunan "istana" Wayne Manor yang dibakar musuh utamanya, Ra's al Ghul.

Di tengah situasi kalah dan keputusasaan yang dialami Bruce, Alfred, si lelaki tua itu, mengucapkan kalimat tanya itu.

"Why do we fall?" yang lantas dijawab sendiri olehnya "So we can learn to pick ourselves up". Mengapa kita jatuh? Agar kita bisa belajar untuk bangkit.

Bagi saya, percakapan itu menjadi bagian terbaik dalam film reboots Batman yang diakui sebagai salah satu film super hero terbaik yang pernah dibuat.

Anda yang sudah berkali-kali menyaksikan Batman Begins, pastinya paham bila percakapan di lift darurat di tengah amukan api itulah yang lantas memotivasi Bruce bangkit dari kejatuhan. Percakapan itu yang membuatnya belajar dari kegagalan. Menjadi lebih tegar. Pada akhirnya, dia mengalahkan Ra's a Ghul dan menyelamatkan kotanya.

Saya mengandaikan percakapan batin seperti itulah yang telah menguatkan mental mantan penyerang Chelsea, Didier Drogba untuk bangkit dari kekecewaan terburuk dalam kariernya yang terjadi hari ini pada 12 tahun silam. Lantas, empat tahun kemudian, 2012, dia bisa menebus kekecewaannya di malam yang serupa 2008 itu.

Sejarah 8 tahun silam

Ya, bagi para pendukung klub Inggris Chelsea, tanggal 20 Mei itu spesial. Delapan tahun silam, malam 20 Mei 2012 itu menjadi momen paling bersejarah bagi klub asal London itu. Mereka jadi juara Eropa. Mereka memenangi Liga Champions pertama sejak berdiri pada 1905.

Malam itu seakan menjadi bukti bila sepak bola itu adil. Mereka yang pernah gagal, selalu punya kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan di masa lalu. Selalu ada kesempatan untuk bangkit setelah terpuruk.

Sebenarnya apa yang terjadi dengan momen 20 Mei 2012 lalu?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline