Lihat ke Halaman Asli

Frederikus Suni

Content Creator Tafenpah

Pantai Teluk Gurita dan Sejumlah Misteri di Pulau Timor, NTT

Diperbarui: 4 Februari 2022   00:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pantai Teluk Gurita, Atambua, NTT. Foto oleh Angela Mada

Lagi dan lagi ini tentang keindahan pantai-pantai yang ada di pulau Timor Barat, khususnya Atambua, Nusa Tenggara Timur.

Jika sobat mengunjungi sebuah restoran, rumah makan atau pun di rumah sendiri pasti pernah menikmati menu gurita kan?

Baca Juga: Gunung Mutis dan Surganya Tanah Timor, NTT

Makanan enak tersebut bagi sebagian besar penduduk kota Atambua, NTT masih menjadi misteri. Karena sesuai dengan kisah atau cerita rakyat, konon Gurita menjadi monster bagi bangsa-bangsa Eropa, khususnya para saudagar dari negeri Spanyol.

Mengapa gurita ditakutin oleh warga Atambua?

Karena pada saat transaksi hasil rempah-rempah antara penduduk lokal dan Spanyol berupa cendana dan lilin di pulau Timor, lebih tepatnya di salah satu pelabuhan kuno di pantai Kuit Namon, ada seekor Gurita raksasa yang melilit kapan saudagar Spanyol tersebut hingga tenggelam.

Dari peristiwa tersebut, akhirnya rakyat setempat mengganti nama pelabuhan Kuit Namon menjadi pantai Teluk Gurita hingga saat ini. (Sumber; Kisah lisan dengan salah satu penduduk lokal Atambua, NTT).

Pantai Teluk Gurita dan Sejumlah Terobosan

Kebersamaan saya dan keluarga di Pantai Teluk Gurita, Atambua. Dokumen pribadi

Saat ini pantai Teluk Gurita mengalami perubahan yang sangat signifikan. Bahkan pantai ini biasanya dimanfaatkan oleh penduduk pulau Timor Barat, mulai dari Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sampai Kabupaten Belu, Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT) di waktu liburan.

Di kala liburan sekolah tiba atau pun musim panas, kami selaku anak-anak Timor Barat biasanya berkonvoi menuju Pantai Teluk Gurita.

Perjalanan dari Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) memang membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai di pantai Teluk Gurita.

Namun, durasi waktu perjalanan akan semakin berkurang, jika kami atau pun wisatwan mulai  dari kota Atambua yang hanya bisa memakam waktu 30 menit.

Karena lokasinya kurang lebih 20 kilometer dari arah Barat laut kota Atambua. Hanya bermodalkan Rp.15.000,00 wisatwan sudah bisa sampai di pantai Teluk Gurita untuk mengeskplor keindahan alamnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline