Lihat ke Halaman Asli

Faqih Ma arif

TERVERIFIKASI

Civil Engineering: Discrete Element | Engineering Mechanics | Finite Element Method | Material Engineering | Structural Engineering |

Monokrom: Itu Bukan Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya"

Diperbarui: 22 Agustus 2019   08:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pejuang NKRI dalam bingkai monokrom.

Indonesia -- Tidak terasa sudah empat hari yang lalu perayaan puncak Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di gelar. Tidak hanya berpusat di Jakarta, perayaan-nya hampir meriah diseluruh pelosok Negeri, tidak terkecuali luar negeri yang mana terdapat Kedutaan Besar Republik Indonesia.

Sang Saka merah putih pun berkibar dipenjuru tanah air, seluruh masyarakat Indonesia dengan penuh kesadaran menghadiri HUT RI ke 74. Dari tingkat RT sampai dengan tingkat elit bersama sama menyanyikan Indonesia raya. 

Banyak darinya melaksanakan upacara sebelum hari H, atau yang disebut dengan tirakatan. Lagu Indonesia raya pun berkumandang lebih awal, yaitu di malam tirakatan atau sehari sebelum pelaksanaan Upacara Bendera Merah putih serentak pada keesokan harinya.

Mungkin bagi kita sudah terbiasa mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia raya dikumandangkan di tanah air, tapi lain cerita ketika dinyanyikan atau bahkan di buat instrumen oleh artis atau grup band dari luar negeri.
Ironi di negeri sendiri

Sebutlah beberapa hari lalu kita dikejutkan dengan sebuah berita melalui laman media sosial yang menyatakan bahwa salah satu band heavy metal legendaris asal Los Angeles, Amerika yaitu Metallica, menyanyikan instrumen lagu Indonesia Raya di Stadion Baseball Yankee, New York City.

Menariknya, Metallica memainkan instrument gitar pada pukul sepuluh lewat sepuluh waktu setempat, pada tanggal 17 Agustus 2019. Begitu berita ini disebarkan, langsung mendadak viral.

Siapalah yang tidak percaya, dan kenapa demikian?

Karena grup band ini juga pernah menayangkan hal serupa di Jakarta dalam sebuah konsenya, tapi bukan mereka yang menyanyikannya.

Dua pentolan metallica James Hetfield dan Kirk Hammett dengan serta merta muncul dalam video yang berdurasi sekitar dua menit dua puluh dua detik. Mereka terlihat sedang memainkan instrument lagu kebangsaan kita "Indonesia Raya". 

Tidak hanya itu, terlihat seperti ada bendera merah putih yang muncul dilator belakang kedua gitaris tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline