Lihat ke Halaman Asli

Hitam atau putih, Lombok tetap menarik

Diperbarui: 20 Juni 2015   04:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14023805411696590049

Jangan meng-anak tiri-kan pantai pasir hitam karea sejatinya mereka layak di beri kesempatan untuk memukau mata Anda.

[caption id="attachment_341610" align="aligncenter" width="600" caption="Salah satu pantai berpasir hitam di Lombok - Batu Layar"][/caption]

Lombok memang terkenal dengan wisata pantainya yang berpasir putih dengan airnya yang jernih. Wisatawan berbondong bondong untuk mengunjungi pantai pantai pasir putih yang sudah terkenal ke seluruh dunia seperti Gili Tramena (Trawangan, Meno, Air) atau Pantai Kuta. Bahkan kini seperti menjadi trend bagi wisatawan baik lokal maupun manca negara untuk mencari pantai pantai tersembunyi meskipun melalui akses yang sulit pokok berpasir putih. Lantas bagaimana nasib pantai pasir hitam? Sepertinya tidak pernah masuk daftar wisata yang akan di kunjungi kecuali kebetulan lihat. Entah karena memang wisatawan lebih menyukai pasir putih atau karena mereka taunya pantai pantai berpasir putih saja. Akankah wisatawan juga dengan senang hati mengunjungi pantai berpasir hitam jika pantainya memang indah? Bisa jadi, iya.

Lombok memiliki beberapa pantai pasir hitam yang cantik dan jika diperhatikan, pengunjungnya kebanyakan warga lokal. Biasanya mereka ke pantai saat hari libur bersama keluarga atau di sore hari sekedar untuk duduk santai sambil menunggu matahari terbenam.

[caption id="attachment_341613" align="aligncenter" width="600" caption="Pantai Batu Layar"]

14023809262083190748

[/caption]

[caption id="attachment_341612" align="aligncenter" width="600" caption="Pantai Meninting, Ampenan"]

1402380858659175256

[/caption]

Pantai Meninting, pantai pasir hitam yang letaknya paling dekat dengan kota Mataram dan hanya berjarak sekitar 15 menit berkendara dari Senggigi, memang tak seramai dan tak terkenal seperti pantai pasir putih tetangganya, Senggigi. Pantai ini tidaklah sepopuler Kuta di selatan apalagi Gili Trawangan. Tapi sebenarnya ini tak kalah indah. Pantainya luas dengan pasir yang halus, jejeran perahu nelayan di salah satu sisi pantainya seperti membingkai keindahan pemandangan lautnya. Ini benar benar hanya persoalan warna pasir. Cerita tentang Pantai Meninting tentu akan berbeda jika saja pasirnya putih.

[caption id="attachment_341611" align="aligncenter" width="600" caption="Pantai Meninting, Ampenan, Lombok"]

1402380604664379726

[/caption]

Jika Anda tertarik untuk memberi kesempatan pantai ini memukau mata Anda, lokasinya tidaklah sulit untuk di capai. Dari arah Senggigi, berkendara ke selatan ke arah kota Mataram, setelah jembatan, sebelah kanan, itulah dia. Waktu yang tepat untuk mengunjunginya adalah menjelang senja karena panorama matahari terbenamnya sangat indah. Di dekat sana juga ada muara yang cukup lebar, menjadi spot menarik untuk memotret sunset bagi yang gemar fotografi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline